5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 24 Februari 2020

Morning Briefing 24 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Hujan deras melanda berbagai daerah dan banyak rumah yang terendam banjir. Tetap jaga kesehatan dan berikut lima berita penting yang terangkum dalam Morning Briefing 24 Februari 2020.

Anggota KPAI meminta maaf atas pernyataannya tentang perempuan bisa hamil saat berenang.

Sebelumnya Sitti Hikmawatty mengklaim bahwa perempuan bisa hamil karena berenang di kolam renang yang sama dengan dengan laki-laki. Dalam sebuah wawancara Sitti mengatakan bahwa ada jenis sperma yang sangat kuat yang bisa membuat perempuan hamil di kolam renang. Atas pernyataan tersebut, dia meminta maaf dan mengakui bahwa itu adalah sebuah “pernyataan yang tidak akurat”. Permintaan maaf ini disampaikannya dalam sebuah pernyataan resmi setelah menuai banyak kritik dari berbagai pihak. Salah satunya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyatakan bahwa “mustahil” bagi perempuan menjadi hamil saat berada di kolam renang. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Globe.

Banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta.

Kepala Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, M. Insaf, menyebutkan masih ada 49 kelurahan yang terdampak banjir akibat hujan yang mengguyur Jakarta selama akhir pekan. Di antaranya tujuh kelurah di Jakarta Pusat, 11 kelurahan di Jakarta Utara, dan 19 kelurahan di Jakarta Timur dengan ketinggian rata-rata antara 10 cm sampai 100 cm. Baca daftar lengkapnya di Liputan6.

Korea Selatan mendeklarasikan status waspada coronovirus ke level tertinggi.

Presiden Moon Jae-in mengatakan bahwa negara menghadapi situasi gawat darurat setelah enam orang meninggal dan lebih dari 600 orang terinfeksi virus ini. Lonjakan jumlah penderita infeksi ini diperkirakan berhubungan dengan sebuah grup religi di kota Daegu. Ini artinya, Korea Selatan memiliki kasus positif coronavirus terbanyak setelah China. Sementara itu, direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir dengan banyaknya kasus baru COVID-19 yang tidak memiliki kaitan yang jelas dengan China. Dr. Tedros Adhanom terutama prihatin jika virus ini menyebar di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lemah, seperti negara-negara di Afrika. Baca berita lengkapnya di BBC.

Pemilihan anggota parlemen di Iran usai dan dikabarkan jumlah pemilih yang berpartisipasi terendah sejak 1979.

Hal tersebut diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Iran, Abdolreza Rahmanai Fazli, kemarin (23/02) yang mengatakan jumlah pemilih hanya mencapai 42%. Angka ini merupakan terendah sejak 1979 ketika revolusi Islamik terjadi di negara tersebut, yakni 24 juta orang dari 58 juta pemilih yang memilih hak suara. Pemilihan yang dilakukan pada jumat (21/02) tersebut dimenangkan oleh simpatisan garis keras yang dekat dengan Supreme Leader Ayatollah Ali Khamenei, yang memegang kendali penuh di Iran. Para tokoh penting Iran mengatakan coronavirus sengaja dipakai oleh musuh untuk membuat orang tidak menggunakan hak suaranya. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Seluruh pemeran utama Friends akan hadir dalam sebuah episode spesial eksklusif.

Enam belas tahun setelah serial televisi berakhir (2004 ) Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, MattLeBlanc, Matthew Perry dan David Schwimmer akan kembali ke panggung asli Friends di Stage 24, Warner Bros. Studio. Setelah simpang siur dan rumor selama berbulan-bulan, akhirnya resmi diberitakan bahwa keenam aktor tersebut akan kembali untuk sebuah episode spesial. Dikabarkan keenam aktor ini dibayar minimal $2.5 juta untuk berpartisipasi dalam episode yang masih belum diberi judul dan belum dibuatkan skenarionya ini. Episode spesial ini akan tayang di HBO Max, streaming service dari HBO, yang akan diluncurkan pada Mei 2020. Episode ini akan disutradarai Ben Winston dan diproduseri oleh Kevin Bright, Marta Kauffman dan David Crane. Aniston, Cox, Kudrow, LeBlanc, Perry, dan Schwimmer juga akan bertindak sebagai eksekutif produser. Baca berita lengkapnya di Variety.

Usai membaca Morning Briefing 24 Februari 2020, jangan lupa mengetahui informasi ini tentang berapa banyak kalori yang terbakar ketika kamu melakukan yoga atau lari.

podcast button