5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 24 Agustus 2020

Morning Briefing 23 Agustus
Foto: www.canva.com

Hola! Apa kabar kamu hari ini? Semoga ada hal baik yang terjadi pada kamu hari ini, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 24 Agustus 2020.

Gedung Kejaksaan Agung terbakar dan berkas Jiwasraya 100 persen aman.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memastikan berkas perkara kasus terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, yang juga melibatkan Jaksa Pinangki aman tak terkena dampak kebakaran. Mahfud menegaskan proses hukum dua kasus itu tak akan terganggu dan akan dilakukan secara transparan. Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiono, memastikan kebakaran tidak melalap gedung yang menyimpan berkas perkara pidana. Hari menyampaikan gedung yang terbakar adalah lantai 5 dan 6 yang merupakan wilayah kerja biro kepegawaian. Seperti diberitakan, kebakaran gedung Kejaksaan Agung terjadi pada Sabtu (22/8) malam dan baru padam Minggu sore. (CNN Indonesia)

Tidak ada rencana reshuffle kabinet.

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menyampaikan belum ada rencana presiden untuk merombak atau reshuffle kabinet dan jajaran Kabinet Indonesia Maju saat ini. Menurutnya, semua jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju sekarang fokus bekerja keras untuk menangani pandemi COVID-19. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, membantah kabar soal Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet besar-besaran, di tengah pandemi COVID-19 ini. (Liputan6)

Kebakaran hutan di California.

Hampir dua lusin kebakaran hutan terus terjadi di beberapa bagian California; kebakaran diperparah oleh cuaca panas dan petir. Departemen Kehutanan dan Pemadam Kebakaran California menyatakan bahwa peristiwa ini menewaskan dan membakar hampir 700 gedung dan hampir sejuta hektar sejak satu minggu terakhir. Kebakaran ini meningkat cukup signifikan pada Sabtu setelah berlipat ganda pada Jumat, dan sejumlah titik kebakaran menjadi terbesar dalam sejarah negara bagian tersebut. Di samping korban meninggal, 43 petugas pemadam kebakaran dan warga sipil terluka. Pada Sabtu, Presiden Donald Trump mendeklarasikan kebakaran ini menjadi bencana alam besar. (Reuters)

Update COVID-19 global: Rencana Rusia produksi vaksin 6 juta per bulan dan peningkatan kasus di Korea Selatan.

Rusia diperkirakan akan memproduksi 1,5 juta hingga 2 juta dosis vaksin COVID-19 di akhir tahun ini. Pihak Moskow memuji kecepatan pembuatan vaksin ini, tapi sejumlah ilmuwan khawatir vaksin in kurang uji coba dan transparansi. Sementara itu Korea Selatan menyatakan terdapat 397 kasus baru kemarin; ini merupakan hari ke-10 terjadi peningkatan ratusan kasus. Kebangkitan wabah ini, yang berawal di kota besar dan menyebar ke setiap kota dan desa dalam satu minggu belakangan, merupakan pukulan bagi negara yang dianggap mampu menangani virus ini.

Sebuah studi menunjukkan virus corona bisa bertahan hidup di daging beku dan ikan hingga tiga minggu. Para ilmuwan memperingatkan makanan yang terkontaminasi bisa menyebabkan wabah semakin parah. Sementara itu, india melaporkan 69.239 kasus baru pada Minggu, membuat ada lebih dari 3 juta kasus di sana (urutan ketiga setelah Brasil dan Amerika Serikat). Dan setidaknya 13 orang tewas karena terinjak dan sesak nafas saat ingin melarikan diri dari sebuah klub malam di Lima, Peru, ketika digerebek oleh polisi karena melanggar aturan restriksi. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 23.244.585, dengan 805.422 kematian, dan 14.959.445 kesembuhan. (Telegraph)

Apple meminta maaf.

Apple merilis pernyataan minta maaf langka, dan mengatakan bahwa aplikasi WordPress tidak perlu menambahkann in-app purchase di iOS. Sebelumnya, pada Jumat lalu diberitakan bahwa Apple berhasil memaksa WordPress untuk memonetasi aplikasi gratisnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan 30 persen. Akan tetapi, sehari setelahnya, Apple membatalkannya dan meminta maaf. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 24 Agustus 2020, jangan lupa mengetahui apa sebenarnya penyebab utama jerawat dan cara mengatasinya.

podcast button