5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—23 September 2019

Foto: www.canva.com

Selamat hari Senin, teman-teman! Berikut lima hal yang harus kamu tahu hari ini:

Berita baik: pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menjuarai China Open 2019. Mereka mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada pertandingan final. Pada pertandingan tersebut, Marcus/Kevin menang dengan skor 21-18, 17-21, dan 21-15. Baca berita lengkapnya di sini.

Tercatat Gunung Merapi meletuskan awan panas pada Minggu siang kemarin. Dari catatan Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG ) Yogyakarta mencatat Gunung Merapi mengeluarkan awan panas setinggi 800 meter selama 125 detik. Selain awan panas, juga tercatat terjadi guguran lava sebanyak 4 kali. Baca berita lengkapnya di sini.

Paris tidak lagi berpredikat “kota romantis” melainkan “kota kotor” (Paris poubelle). Paling tidak, gelar ini diberikan oleh warga lokal Paris yang mengeluh kota tersebut sekarang lebih kotor dan bau. Pemerintah setempat menghabiskan €550m per tahun untuk membersihkan 16 ton kotoran anjing, 350 ton puntung rokok, dan mengosongkan 30.000 tempat sampah. Baca berita lengkapnya di sini.

Hampir di semua negara, angka mortalitas anak menurun. Dua dekade yang lalu, hampir 10 juta anak di dunia tidak bisa merayakan ulang tahun ke-5 mereka, tapi di tahun 2017, angka tersebut turun drastis hampir setengahnya. Hal ini diperkirakan disebabkan hasil kerja keras pemerintah dan bantuan berbagai lembaga internasional untuk memberantas kemiskinan dan penyakit yang diderita anak-anak. Baca berita lengkapnya di sini.

Mungkin langkah orang Ukraine memilih Volodymyr Zelensky, yang dulunya berprofesi sebagai aktor dan komika, sebagai presiden. Paling tidak, sesi presentasi yang disajikan oleh Zelensky tidak akan semembosankan yang seperti kita alami setiap hari di kantor! Beruntunglah mereka karena tidak perlu membawa sekantong permen demi mempertahankan mata melek sepanjang presentasi. Untuk kamu yang butuh tertawa terbahak-bahak hari ini, silakan mengintip video ini.