5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 23 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Selamat pagi, bagaimana minggumu sejauh ini? Sudah terima gaji? Jangan lupa bayar cicilan dan menabung, ya! Ohya, bayar juga utang kepada temanmu yang kemarin ‘mendahulukan membayar minumanmu di Starbucks!’ Dan sebelum memulai hari, berikut lima hal yang perlu kamu tahu.

Dari Kanada dilaporkan Perdana Menteri Justin Trudeau akan tetap menjadi… PM.

Partainya, Liberal Party, akan tetap memegang kekuasan dengan memenangkan mayoritas kursi (157 dari 338) di pemilihan nasional kemarin. Akan tetapi partai tersebut kehilangan mayoritas parlementer setelah masa kampanyenya diwarnai dengan skandal. Hasilnya, pemimpin partai tersebut harus bekerja sama dengan paling tidak satu dari partai oposisi. Kedudukan Trudeau sampai melemah ketika dilanda skandal yang melibatkan perusahaan Kanada SNC-Lavalin, seorang Jaksa Agung dan sang perdana menteri. Baca berita lengkapnya di sini.

Menurut kamu, apakah hewan memiliki kemampuan kognitif?

Sebuah tim di Universitas Richmond, Virginia, mengajarkan sejumlah tikus mengemudi mobil mini. Mengapa mereka ingin melakukan eksperimen ini? Karena ingin mengetahui apakah belajar kemampuan baru bisa mengurangi stres. Sebagai motivasi, para tikus itu diiming-imingi dengan makanan. Akan tetapi uniknya, mereka belajar menavigasikan mobil dan mengitari trek tanpa benar-benar peduli dengan iming-iming tersebut. Kesimpulannya, sama seperti manusia, belajar mengemudi dan navigasi sepertinya membuat tikus-tikus tersebut rileks. Dan yah itu, belajar sesuatu yang baru bisa membuat kita lebih santuy. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari dalam negeri diberitakan bahwa DPR menyetujui surat pemberhentian Kapolri.

Surat permintaan pemberhentian tersebut dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR dengan alasan Jenderal (Pol) Tito Karnavia akan mengemban tugas pemerintahan lain. Tanpa interupsi, 515 anggota DPR yang hadir menyatakan persetujuannya. Baca berita lengkapnya di sini.

Siapa yang merasa cuaca belakangan ini makin puaanas?

Itu bukan hanya perasaan kamu saja, tapi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyatakan hal yang sama. Akan tetapi hal tersebut belum bisa dikategorikan suhu ekstrim—masih normal—karena masih mencapai 37 derajat celsius sejak 19 Oktober 2019. Definisi suhu ekstrim menurut BMKG adalah tiga derajat ke atas. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, Verizon Media Group mempertimbangkan untuk menjual HuffPost.

Meski sempat dielu-elukan sebagai anak emas perusahaan tersebut, dan situsnya pernah melampaui angka NYTimes (pada tahun 2011), tapi angka tersebut mulai menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dalam enam bulan sebelum September, kunjungan bulanan ke situs HuffPost (dahulu bernama Huffington Post) melalui desktop dan mobile turun drastis dari 9,9 juta ke 5,4 juta (sekitar 40%). Kondisi inilah yang diperkirakan menjadi alasan utama Verizon ingin menjual aset medianya tersebut. Media digital seperti HuffPost dalam beberapa tahun terakhir memang kesulitan mendapatkan untung karena Google dan Facebook semakin mendominasi pasar iklan digital. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button