5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 23 Juli 2021

Morning Briefing 23 Juli 2021
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

T.G.I.F! Meski akhir pekan sebentar lagi tiba, tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat ya, teman. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 23 Juli 2021.

Kasus positif COVID-19 di Indonesia tembus 3 juta.

Pada hari Kamis (22/7), kasus positif COVID-19 bertambah 49.509. Dengan demikian, total kasus positif di Indonesia sejak Maret 2020 mencapai 3.033.339. Sementara itu, pasien positif yang sembuh bertambah 36.370 orang, dan pasien meninggal dunia mencetak rekor 1.449 orang pada hari yang sama. Dan kasus aktif atau pasien yang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri hingga kemarin mencapai 561.384 orang atau bertambah 11.690 dibandingkan hari Rabu. (CNN Indonesia)

Peringatan BMKG tentang skenario terburuk gempa dan tsunami Pacitan.

Badan Meteorologi Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) meminta jajaran Kementerian Sosial mengantisipasi skenario terburuk gempa dan tsunami di Indonesia. Salah satunya berpotensi terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang diprakirakan bisa mencapai 25-28 meter. Pasalnya, Pacitan masuk dalam zona merah karena dekat dengan teluk pusat tenaga gelombang tinggi dan episentrum gempa. (Tempo)

Update COVID-19 global: varian delta, dan vaksin.

Menurut studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, dua dosis vaksin Pfizer menawarkan 88% proteksi terhadap delta varian. Sementara itu, dosis ganda dari AstraZeneca efektif 67% melawan varian delta.

Kemarin China mengatakan bahwa tidak akan menerima rencana WHO untuk mengadakan fase kedua investigasi asal muasal coronavirus. Dan Komite Pelaksana Tokyo Olimpiade mengumumkan 12 kasus baru, termasuk dua atlet yang tinggal di Olympic Village. Sebanyak delapan atlet telah positif sejak tiba di Tokyo untuk pertandingan ini.

Sementara itu, negara bagian di Australia dengan populasi terbesar, New South Wales (termasuk Sydney), melaporkan kasus baru tertinggi dalam satu tahun meski sedang lockdown. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 192.149.552, dengan 4.129.954 kematian, dan sebanyak 3.721.021.035 dosis vaksin sudah diberikan. (Washington Post)

Ratusan migran di Brussels akhiri aksi mogok makan setelah 60 hari.

Menurut organisasi nirlaba terkait, ada 476 migran yang berpartisipasi dalam aksi mogok makan massal itu. Selama 60 hari mereka bermukim di Church of St John the Baptist di Béguinage, di pusat Brussels. Para migran langsung dibawa ke rumah sakit, dengan beberapa masih dirawat di ruangan intensif.

Setelah sembuh mereka boleh pindah ke “zona netral” dan mengajukan aplikasi ijin tinggal individual. Pemerintah Brussels menolak memberikan amnesti kolektif, dan mengatakan bahwa aturan sekarang adil dan manusiawi. (The Guardian)

Twitter uji coba tombol upvote dan downvote.

Twitter menuliskan bahwa pengguna iOS mungkin melihat ikon upvote dan downvote dalam beberapa bentuk yang berbeda dan menguji coba tipe mana yang paling relevan. Fitur in mirip Reddit, di mana upvote dan downvote berguna untuk menampilkan komentar, respons, dan postingan favorit. Fitur ini masih diujicobakan secara terbatas dan belum pasti apakah akan menjadi fitur tetap. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 23 Juli 2021, jangan lupa mengecek tentang bagaimana mengecilkan lengan menurut personal trainer.