5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 23 Februari 2021

Morning Briefing 23 Februari 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Yellow! Seandainya kamu belum mendengar: pemerintah memangkas jumlah cuti bersama tahun ini. Bagaimana menurutmu? Anyways, tetap pakai masker, jaga jarak dan jauhi kerumunan, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 23 Februari 2021.

Kajian revisi UU ITE ditargetkan selesai dalam tiga bulan.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membentuk tim untuk mengkaji revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan akan bekerja untuk tiga bulan, sejak 22 Februari 2021. Sembari menunggu, kepolisian dan kejaksaan diminta lebih hati-hati dalam menerima laporan kasus ITE. Soalnya, beberapa pasal dianggap menimbulkan multitafsir dan ketidakadilan kepada masyarakat. (Medcom)

Pemerintah pangkas cuti bersama 2021 jadi 2 hari.

Cuti bersama 2021 yang tadinya 7 hari menjadi 2 hari, termasuk cuti bersama Idulfitri. Keputusan ini diambil dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama tahun 2021. Pemerintah memangkas cuti bersama lima hari yakni hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW pada 12 Maret, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 17,18,19 Mei, dan cuti bersama Hari Raya Natal pada 27 Desember 2021. Sementara, cuti bersama Idul Fitri pada 12 Mei, dan cuti bersama Hari Raya Natal pada 24 Desember tetap dilakukan. Pertimbangannya adalah untuk membantu penanganan COVID-19. (CNN Indonesia)

Update COVID-19 global: vaksin, dan lockdown.

Vaksin Pfizer dan Oxford mengurangi pasien dirawat di rumah sakit karena COVID-19, hingga 85% dan 94% (masing-masing vaksin), menurut sebuah studi baru. Sementara itu, Thailand memberikan izin penggunaan dawat darurat pada vaksin Sinovac. Pemerintah Filipina juga melakukan hal yang sama untuk vaksin Sinovac.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 29 September 2020

Vietnam akan memulai program vaksinasinya bulan depan dengan prioritas tenaga kesehatan dan manula. Sementara itu, Korean Medical Association, organisasi dokter terbesar di Korea Selatan, mengancam akan mogok kerja dalam rangka menentang undang-undang yang akan mencopot lisensis mereka jika didakwa melakukan tindakan kriminal. Hal ini ditakutkan akan mengganggu program vaksinasi yang akan dimulai minggu.

Sementara itu, Mumbai, ibu kota keuangan India, menerapkan restriksi baru mulai Senin kemarin seiring meningkatkan jumlah kasus dan dikhawatirkan menimbulkan gelombang ketiga. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 111.518.562, dengan 2.468.646 kematian, dan 62.903.843 kesembuhan. (Telegraph)

Woody Allen menyangkal tuduhan di dokumenter HBO Allen v Farrow.

Woody Allen kembali menyangkal tuduhan bahwa dia melakukan pelecahan seksual kepada anaknya Dylan Farrow pada 1992. Dalam sebuah pernyataan resminya, Allen dan istrinya, Soon-Yi Previn, mengatakan karya Amy Ziering dan Kirby Dick tersebut adalah "serangan yang dipenuhi dengan kebohongan". Episode pertama dari empat Allen v Farrow disiarkan pada Minggu di HBO dan Ziering membantah bahwa film tersebut "sebuah kolaborasi ... dengan [Dylan Farrow] atau keluarganya". Mia Farrow dan anaknya, Ronan, muncul di Allen v Farrow, sementara Allen dan Previn menolak untuk berpartipasi. (The Guardian)

Paus Francis pimpin doa antar-agama di Irak minggu depan.

Paus Francis dijadwalkan untuk memimpin doa antar agama di situs Mesopotamia kuno ketika akan mengunjungi Irak minggu depan. Servis keagamaan ini akan dihadiri umat Kristen, Islam, Mandaean-Sabaean, Yazidi dan agama minoritas lainnya di Irak. Fokusnya adalah keharmonisan antara grup agama dalam sebuah acara yang disebut "Doa untuk anak Abraham". Acara ini juga diharapkan bisa menarik perhatian turis untuk mengunjungi tempat yang disebut sebagai tempat lahir Abraham. (Reuters)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 18 September 2020

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 23 Februari 2021, jangan lupa membaca tentang susu bayi dan panduan jika mengalami alergi.