5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 23 April 2020

Morning Briefing 23 April 2020
Foto: www.canva.com

Hello! As always, selalu cuci tangan dengan benar, jaga kesehatan mental dan fisik, dan jaga jarak fisik dengan orang asing. Dan jika memungkinkan tetaplah di rumah—atau pastikan selalu memakai masker jika memang harus keluar rumah. Selain itu, cobalah menikmati hari ini pun ketika rasanya sulit. Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 23 April 2020.

Jakarta resmi memperpanjang PSBB hingga 22 Mei.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun YouTube Pemerintah Provinsi Jakarta kemarin (22/4). Anies mengatakan keputusan ini diambil setelah mendengar pendapat dari banyak ahli. Seperti diketahui, penerapan PSBB di DKI Jakarta telah dilakukan sejak 10 April 2020 selama dua pekan atau berakhir pada 23 April 2020. Selain Jakarta, sejumlah daerah lain juga sedang menerapkan PSBB, di antaranya Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Bank Indonesia meyakini nilai tukar Rupiah akan menguat.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan bahwa secara fundamental nilai tukar Rupiah akan bergerak menguat dan stabil ke arah Rp15 ribu per USD di akhir 2020 ini. Meskipun secara teknis pergerakan mata uang negara itu akan dibayangi jatuhnya harga minyak dunia hingga konflik geopolitik suatu negara. Terkait inflasi, Perry optimis Indonesia berada dalam tingkat sasaran kisaran tiga persen plus minus satu persen hingga akhir tahun ini. Seperti yang diberitakan, beberapa hari lalu, Rupiah mengalami pelemahan karena jatuhnya harga minyak dunia, dan perselisihan antara Arab Saudi dengan Rusia, hingga masalah geopolitik Korea Utara. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Seorang citizen journalist China yang hilang selama hampir dua bulan kembali terlihat.

Li Zehua adalah satu dari tiga jurnalis China yang melaporkan langsung dari Wuhan selama beberapa minggu terparah pandemik di sana. Dia terlihat terakhir kali pada 26 Februari setelah mengunggah sebuah video di mana dia sedang dikejar oleh mobil SUV berwarna putih. Video tersebut diunggah di YouTube, Weibo dan Twitter. Zehua mengklaim bahwa dirinya ditahan oleh polisi dan dipaksa untuk melakukan karantina di Wuhan dan di kampung halamannya dengan pengawasan petugas keamanan. Zehua mengatakan selama dikarantina, polisi memperlakukannya dengan baik. Nada pernyataannya ini dinilai sangat kontras dengan sikap vokalnya sebelum dikarantina. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Update COVID-19 global: kasus terinfeksi melebihi 10.000 di Singapura dan China khawatir akan ada gelombang kedua.

Meski karantina sudah mulai berkurang, masih ada ketakutan bahwa gelombang kedua akan terjadi di China dan warga asing menerima perlakuan diskriminasi karena dianggap sebagai penyebar virus ini. Sementara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo percaya bahwa China terlambat memberikan laporan mengenai wabah tersebut kepada WHO. Dan di Inggris, angka kematian mencapai 18.100 orang dan jumlah orang yang terinfeksi menjadi 133.495. Di India, pemerintah berencana memproduksi gelang yang akan memonitor lokasi dan temperatur pasien COVID-19, guna melakukan contact tracing. Dan menurut World Meteorological Organization (WHO), pandemik ini membuat emisi karbon dioksida menurun hingga 6% tahun ini. Angka ini merupakan penurunan terbesar sejak Perang Dunia II. Sementara itu, Jerman menyetujui untuk melakukan uji coba pertama vaksin COVID-19 kepada manusia. Vaksin yang dikembangkan oleh perusahan biotek bernama BionNTech bersama Pfizer ini akan diujicobakan kepada 200 orang sehat berusia 18 dan 55 tahun. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah kasus COVID-19 di dunia mencapai 2.594.724, dengan 179.778 meninggal dan 698.066 sembuh. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Zoom merilis update terbaru dengan sistem privasi dan keamanan lebih baik.

Setelah 90 hari berlalu sejak menjanjikan pembaharuan yang lebih aman, akhirnya Zoom merilis pembaharuan 5.0. Dengan pembaharuan ini, sekarang terdapat ikon keamanan yang berisikan sejumlah fitur keamanan yang bisa dipakai oleh pemakai Zoom. Para pengguna bisa dengan cepat mengunci rapat, mencopot partisipan, dan membatasi berbagi layar dan percakapan. Perubahan ini merupakan respon dari fenomena bernama “Zoombombing” di mana para prankster bisa bergabung di dalam rapat dan menyiarkan video porno. Zoom juga meningkatkan sejumlah enskripsinya, meski ini masih belum end-to-end encryption. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: usai membaca Morning Briefing 23 April 2020, ketahui cara membantu pergantian sel kulit agar lebih maksimal.

podcast button