5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—23 Agustus 2019

Foto: www.canva.com

5 hal yang harus kamu tahu hari ini.

  1. Presiden Joko Widodo sudah memutuskan untuk memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur. Seandainya kamu butuh diingatkan, Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di Pulau Kalimantan dengan Samarinda sebagai ibu kota. Provinsi ini berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Untuk yang suka traveling, lokasi wisata andalan Kaltim adalah Pulau Derawan dan Desa Budaya Pampang. Baca berita lengkapnya di sini.
  2. Mikroplastik yang terkandung di dalam air minum botolan belum mengancam kesehatan manusia. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, World Health Organization mengatakan kandungan mikroplastik pada air minum botolan dengan level seperti sekarang ini belum menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Salah satu hal yang dikhawatirkan dari air yang mengandung patogen mikrobik adalah bisa mengakibatkan penyakit diare yang mematikan. Baca berita lengkapnya di sini.
  3. Masih tentang plastik, Nepal melarang single-use plastic di dan sekitar Gunung Everest. Untuk mengatasi masalah sampah di daerah tersebut, pihak otoritas mengatakan akan melarang botol plastik minuman ringan dan plastik satu kali pakai dengan ketebalan di bawah 0,03 mm. Aturan ini akan diterapkan mulai Januari tahun depan dan tidak berlaku untuk air mineral botolan. Baca berita lengkapnya di sini.
  4. Benarkah laki-laki heteroseksual tidak bisa berteman baik dengan perempuan heteroseksual tanpa ada percikan cinta? Well, menurut serial Friends “bisa ya, bisa tidak”, tapi menurut sebuah penelitian baru “it’s complicated“. Yang jelas, menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Alabama di Huntsville: mereka yang sedang tunangan lebih skeptis dan curigaan terhadap pasangannya! Baca hasil penelitian lengkapnya di sini.
  5. Time Magazine baru saja mengeluarkan daftar World’s Greatest Places 2019. Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Cek daftar lengkapnya di sini.