5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 22 Oktober 2021

Morning Briefing 22 Oktober 2021
Foto: www.canva.com

Hai! Tetap semangat! Berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 22 Oktober 2021.

Kemenkes meminta vaksin Merah Putih untuk booster 2022.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meminta agar vaksin Merah Putih digunakan untuk program vaksinasi booster di Indonesia pada 2022. Dengan begini, Indonesia tidak terlalu bergantung pada vaksin dari luar negeri. Sebagai update, vaksin Merah Putih sekarang masih dalam uji klinis tahap dua oleh peneliti dari Universitas Airlangga. (CNN Indonesia)

Anak berusia di bawah 12 tahun boleh naik pesawat.  

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun sudah boleh melakukan perjalanan dalam negeri dengan pesawat terbang. Namun, mereka tetap wajib menunjukkan dokumen hasil negatif tes PCR. (Kompas)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan hidup berdampingan dengan corona.

Pfizer mengumumkan hasil studi mereka yang menunjukkan bahwa dosis booster dari vaksin mereka 95,6 persen efektif melindungi mereka yang sudah menerima dua dosis vaksin tersebut. Sementara itu India melaporkan telah memberikan 1 miliar dosis vaksin per Kamis ini. Ini artinya, 50 persen dari populasinya telah menerima dosis pertama.

Di sisi lain, di Jepang, perdana menteri barunya berjanji untuk menciptakan pola hidup yang menggiring ke "era post-corona". Sementara di Korea Selatan telah meluncurkan kampanye "hidup berdampingan dengan COVID-19" dengan bantuan sejumlah ahli.

Pejabat resmi di Singapura mengatakan akan memperpanjang restriksi jumlah orang yang boleh berkumpul hingga 21 November. Pasalnya, gelombang terbaru infeksi membuat rumah sakit kewalahan, padahal lebih dari 80 persen populasi sudah menerima vaksin. (Washington Post)

PBB buat dana perwalian khusus untuk Afganistan.

PBB mengatakan telah membuat sebuah dana perwalian khusus untuk menyediakan dana tunai yang sangat dibutuhkan oleh warga Afganistan. Dana perwalian ini adalah sumbangan yang mengalami pembekuan sejak Taliban mengambil alih pada Agustus. UNDP mengatakan bahwa setidaknya dibutuhkan $667 juta untuk 12 bulan pertama dan Jerman telah menyumbangkan $58 juta. (Aljazeera)

PayPal dikabarkan ingin membeli Pinterest.

PayPal dikabarkan kemungkinan akan membeli Pinterest. Kabar ini membuat kalangan finansial dan teknologi terheran-heran. Terlebih, dengan sejarah PayPal yang pernah berpisah dari eBay. Belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh PayPal terhadap platform tersebut. (TechCrunch)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 22 Oktober 2021, jangan lupa mengecek cara membantu teman yang menjalani hubungan abusive.