5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 22 November 2019

Foto: www.canva.com

Hi, kamu—TGIF! Sebelum memulai aktivitas dan menikmati akhir pekan, mari membaca lima berita terbaru berikut ini.

Sejumlah pengusaha meminta pemerintah mengkaji ulang UU Ketenagakerjaan.

Salah satu aspek yang diminta dikaji ulang adalah tentang formula perhitungan upah minimum. Hal ini mencakup kenaikan UMP 2020 yang dianggap terlalu tinggi. Permintaan ini disampaikan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Aspek lain yang dikaji ulang adalah tentang pesangon. Saat ini pengusaha harus membayar 26 kali gaji, sementara pengusaha mengusulkan jumlahnya hanya 17 kali gaji saja. Usulan ini masih berada dalam tahap pembahasan. Baca berita lengkapnya di sini.

Seorang mahasiswa UGM mengajukan permohonan uji materi tentang WNI keturunan Cina di Yogyakarta.

Felix Juanardo Winata, seorang mahasiswa Fakultas Hukum UGM, mengajukan permohonan pengujian Pasal 7 ayat (2) Huruf d Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengatur kepemilikan tanah ke Mahkamah Konstitusi. Laporan ini diterima MK pada 15 November lalu. Menurut Felix, pemberlakuan pasal tersebut telah menyebabkan WNI berketurunan Tionghoa tidak dimungkinkan untuk menguasai suatu hak atas tanah dengan status hak milik di wilayah DIY. Baca berita lengkapnya di sini.

Presiden Filipina memerintahkan pelarangan penggunaan vape di ruang publik.

Rodrigo Duterte akan memberlakukan hal ini setelah Departemen Kesehatan negara tersebut menemukan kasus luka paru-paru pertama yang diakibatkan oleh vape. Dia memerintahkan aparat keamanan untuk menangkap siapa pun yang tertangkap merokok vape di ruang umum. Sebagai mantan perokok, Duterte mengatakan bahwa “vape mengandung nikotin dan bahan kimia lain yang kita tidak tahu”, sehingga berbahaya untuk kesehatan. Jika aturan ini diberlakukan, Filipina akan menjadi satu dari banyak negara yang mulai melarang e-cigarette. Baca berita lengkapnya di sini.

Setengah dari populasi keledai dunia terancam punah dalam lima tahun ke depan.

Menurut laporan Donkey Sanctuary, diperkirakan sebanyak 4,8 juta keledai dibantai dan diambil kulitnya untuk dipakai membuat obat tradisional Cina. Kulit tersebut mengandung gelatin dan merupakan bahan utama untuk obat yang bernama ejiao. Jika pembantaian terus berlanjut, populasi keledai yang sekarang mencapai 44 juta akan berkurang setengahnya dalam lima tahun ke depan. Laporan ini juga membeberkan tentang bagaimana keledai—banyak yang merupakan hasil curian—ditransportasikan ke Cina dengan perjalanan panjang tanpa diberi air minum atau makanan. Baca berita lengkapnya di sini.

BTS akan tetap mengikuti wajib militer.

Setelah mempertimbangkan masak-masak, akhirnya Kementerian Pertahanan Korea Selatan memutuskan bahwa BTS tidak akan mendapatkan pengecualian dalam wajib militer. Dan penggemarnya pun kecewa. Aturan pengecualian ini sebelumnya berlaku untuk artis terkenal, musisi dan pemain olahraga. Dan ada wacana untuk memberikan pengecualian tersebut kepada bintang K-Pop besar, tetapi hal tersebut tidak terjadi. Alih-alih melonggarkan peraturan, pemerintah malah memperketat aturan pengecualian tersebut sehubungan dengan kekurangan tenaga kerja akibat turunnya angka kelahiran. Seluruh anggota BTS berusia 20an dan yang tertua, Kim Seok-jin, akan berulang tahun ke-27 bulan Desember ini. Artinya, dia harus segera mendaftarkan diri untuk memulai wajib militernya. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button