5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Hari Ini – 22 Juni 2020

Morning Briefing 22 Juni 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! It’s Monday! Seandainya, kamu membutuhkan #beritareceh untuk membangunkan otak yang masih berakhir pekan: Gwyneth Paltrow baru saja merilis lilin beraroma This Smells Like My Orgasm. Uh-uh, lilin ini adalah “sekuel” dari This Smells Like My Vagina yang dirilis tahun lalu. Oh, kotak lilin This Smells Like My Orgasm ini bergambar kembang api. Well, semoga hari Seninmu secantik cahaya kembang api. Dan ini lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 22 Juni 2020.

Jakarta miliki kasus positif baru terbanyak.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto yang menyatakan bahwa Jakarta memiliki 142 kasus positif baru pada Minggu (21/06). Sementara itu Sulawesi Selatan menyumbangkan pasien baru kedua terbanyak, yakni 112 orang. Sebanyak 233 pasien di Jakarta dinyatakan sembuh dan 38 orang di Sulawesi Selatan. Dengan penambahan di berbagai provinsi, total kasus positif di Indonesia per Minggu adalah mencapai 45.891 orang, 2.465 orang meninggal, dan 18.404 orang sembuh. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Pemerintah cabut banding kasus pemblokiran internet Papua.

Pemerintah memutuskan mencabut permohonan banding terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas kasus pemblokiran internet di Papua. Pencabutan dilakukan karena tindakan-tindakan yang dinyatakan sebagai perbuatan melawan hukum dalam keputusan PTUN tersebut memang sudah dihentikan oleh pemerintah. Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Purnomo menyatakan bahwa pemerintah saat ini akan lebih berkonsentrasi pada situasi COVID-19. Sebelumnya, majelis hakim menyatakan tindakan memperlambat dan memutus akses internet di Papua dan Papua Barat pada Agustus dan September 2019 adalah perbuatan melanggar hukum. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Update COVID-19 global: uji coba vaksin di China masuki tahap kedua manusia dan 35 kasus baru di Tokyo.

Potensial vaksin dari Institute of Medical Biology di Chinese Academy of Medical Sciences (IMBCAMS) memasuki tahap kedua uji coba manusia. Uji coba fase kedua ini akan menentukan dosis dan terus mengevaluasi apakah vaksin potensial ini bisa memicu respons imunitas yang aman pada orang sehat. Sementara itu, Tokyo mengonfirmasi 35 kasus baru dan angka ini merupakan yang tertinggi dalam empat hari. Sembilan dari kasus ini ditemukan di Shinjuku Ward, distrik yang populer dengan klub malam. Dan dari Korea Selatan dilaporkan 48 kasus baru, meski kasus menurun tapi pemerintah Korea menyatakan infeksi lokal meningkat. Sementara itu, Presiden Donald Trump meminta pihak otoritas untuk mengendurkan tes coronavirus. Pasalnya, menurutnya semakin banyak yang dites, semakin banyak kasus yang ditemukan. Dari Irak dikabarkan pemain bola legendaris Ahmad Radhi (56 tahun) meninggal karena coronavirus. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 8.820.667, dengan 464.952 meninggal dan 4.385.366 sembuh. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Presiden Vladimir Putin berencana calonkan diri lagi.

Dalam sebuah wawancara, Putin mengatakan bahwa dia mempertimbangkan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden jika pemilih menyetujui perubahan konstitusi yang membuatnya bisa menjadi presidan lagi. Pemungutan suara nasional terhadap perbuahan konstitusi akan diadakan mulai 25 Juni sampai 1 Juli. Termasuk amandemen yang akan memungkinkan Putin untuk mencalonkan diri sebagai presiden dua periode lagi ketika masa jabatannya yang sekarang berakhir di 2024. Jika ini terjadi, maka Putin bisa memiliki kesempatan untuk menjadi presiden hingga 2036. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Google meluncurkan rival Pinterest, Keen.

Sebuah tim inkubator internal Google, Area 120, baru saja meluncurkan Keen, sebuah platform mirip Pinterest. Berbeda dengan Pinterest, Co-founder CJ Adams mengatakan bahwa Keen menggunakan machine learning raksasanya untuk menyajikan konten yang berhubungan dengan interes pengguna. Sehingga konten relevan akan banak muncul, bahkan ketika tidak tahu apapun tentang topik itu. Platform tersedia dalam bentuk situs dan bagi pengguna Android. Baca berita lengkapnya The Verge.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 22 Juni 2020, pastikan tidak lupa memakai pelembap karena hal ini bisa terjadi pada kulit saat lupa.

podcast button