5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 22 Juli 2020

Morning Briefing 22 Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Hi! Tetap pakai maskermu saat keluar rumah, jaga jarak saat di tempat publik, dan cuci tangan dengan teratur. Semoga harimu menyenangkan dan berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 22 Juli 2020.

Pemerintah tidak lagi umumkan secara live data harian kasus COVID-19

Hal tersebut disampaikan oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang mengatakan bahwa update data harian bisa dicek di www.covid19.go.id. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto yang biasa melakukannya selama 4 bulan terakhir juga tidak akan menjadi juru bicara lagi. Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Kesehatan total positif COVID-19 hingga hari ini bertambah 1.655 pasien, sehingga totalnya 89.869 orang, dengan 48.466 kesembuhan, dan 4.320 orang meninggal. (CNBC Indonesia)

Gaji ke-13 PNS cair bulan depan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberitahukan bahwa pembayaran gaji ke-13 direncanakan cair pada Agustus 2020. Jumlah yang akan dikeluarkan untuk pembayaran ini senilai Rp28,5 triliun (Rp13,89 triliun berasal dari APBD, dan Rp14,6 triliun dari APBN). Pembayaran gaji ke-13 ini sama seperti THR; yang berstatus pejabat negara eselon I dan II, tidak akan mendapatkan gaji ke-13. Pembayaran gaji ke-13 ini diharapkan dapat memberikan stimulus pada perekonomian. (Tempo)

Update COVID-19 global: Brasil akan uji coba vaksin dari China dan Olimpiade di Tokyo

Brasil mulai menguji coba secara massal vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac, dari China, kepada pekerja kesehatan dari enam negara bagian. Hasil awalnya akan diketahui dalam 90 hari. Sementara itu, Rusia berharap bisa menyelesaikan uji coba sebuah vaksin pada Agustus dan memproduksi 200 juta dosis untuk negara lain per akhir tahun ini. Dan Universitas Oxford mengatakan sebuah vaksin potensial bisa dirilis pada akhir tahun ini, meski belum ada kepastian kapan akan bisa dilakukan.

Dari Tokyo dilaporkan, penyelenggara Tokyo Olympic Games bersiap untuk melakukan countdown menjelang satu tahun menuju Juli 2021, saat Olimpiade ini akan diselenggarakan. Dari Victoria Australia dikabarkan, jumlah kasus baru positif terus meningkat. Memakai masker akan menjadi wajib di sana mulai Rabu tengah malam. Sementara dari Korea Selatan dilaporkan 45 kasus baru dengan panti jompo menjadi salah satu klaster baru. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 14.755.228, dengan 611.090 kematian, 8.333.387 kesembuhan. (Aljazeera)

Perjamuan Nobel ditiadakan

Untuk pertama kalinya dalam 50 tahun, perjamuan Nobel akan ditiadakan tahun ini. Acara yang biasanya diselenggarakan pada 10 Desember di Swedia dan mengundang 1.300 tamu tersebut, akan dibatalkan tahun ini. Meski begitu, pememang Nobel Prize akan tetap diumumkan. Sebagai informasi, terakhir kali perjamuan ini dibatalkan adalah pada 1951 karena protes atas invasi Uni Soviet terhadap Hungaria. Acara ini juga ditiadakan selama Perang Dunia I dan II. Penghargaan Nobel Prize sendiri sudah diadakan sejak 1901. (Reuters)

Spotify bisa video podcast

Spotify mengumumkan bahwa platform tersebut sekarang bisa men-support video podcast. Sebagian besar pengguna gratis dan premium sudah bisa menyaksikan beberapa acara dalam format video. Meski begitu masih podcaster tertentu yang bisa mengunggah gambar videonya. Fitur baru ini resmi menjadi petanda Spotify ingin bersaing dengan YouTube dalam hal podcast. Jika pengguna memainkan video dan keluar dari aplikasi ini, suara acara tersebut tetap berlanjut. Fitur ini tersedia di desktop dan mobile. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 22 Juli 2020, pastikan kamu mengetahui bagaimana mengembalikan motivasi kerja yang semakin menurun.

podcast button