5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 22 Januari 2020

morning briefing 22 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Hello, kamu yang sudah siap bertugas! Sebelum memulai hari, ada satu kabar baik, nih: anjing terlucu di dunia akhirnya menemukan rumah! Namanya, Jubilee, seekor Siberian husky, berusia 4 tahun. Penasaran seberapa lucu Jubilee? Ini fotonya. Lucu, ‘kan? Anyway, selamat menikmati hari ini dan Morning Briefing 22 Januari 2020.

Tarif baru ojek daring akan diumumkan minggu depan.

Tepatnya, pada Senin 27 Januari 2020. Pihak Kementerian Perhubungan mengatakan keputusan perubahan ini dilakukan setelah mempertimbangkan masukan dari semua pihak. Pihak yang dimaksud di antaranya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kementerian ketenagakerjaan, Grab dan Go-jek dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sebagai perwakilan dari konsumen. Alasan penyesuaian tarif ojek daring ini sendiri dilatarbelakangi oleh naiknya iuran BPJS Kesehatan dan Upah Minimum Regional (UMR). Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Isi ulang OVO tidak lagi gratis mulai Maret 2020.

Setiap pengguna yang akan mengisi ulang OVO mereka akan dikenakan biaya Rp1.000 per transaksi per 2 Maret 2020. Biaya tersebut dikenakan jika pengisian ulang melalui aplikasi OVO, ATM, internet/mobile banking, Tokopedia, dan OVO Booth. Sementara, jika pengguna mengisi ulang melalui pengemudi Grab, biayanya masih gratis. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Greenpeace menuduh World Economic Forum Davos hipokrit.

Pasalnya, menurut laporan Greenpeace, 24 bank yang secara reguler menghadiri forum dunia tersebut telah menyumbangkan bantuan finansial sebesar $1.4 miliar untuk sektor hidrokarbon. Dan sumbangan tersebut diberikan sejak persetujuan Paris pada 2015 yang menyasar pengurangan gas emisi. Laporan yang diberikan nama It’s the Finance Sector, Stupid, juga memperlihatkan beberapa perusahaan asuransi dan pensiun besar yang hadir adalah pendukung industri batu bara. Ironisnya, pemanasan global merupakan isu utama di Davos tahun ini. Greta Thunberg, yang berbicara di forum tersebut kemarin, mendesak para pemimpin dunia mengakhiri “kegilaan” investasi dan subsidi di sektor batu bara dan bahan bakar fosil. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Para miliarder dunia memiliki kekayaan lebih dari 60% populasi dunia.

Menurut sebuah laporan terbaru dari Oxfam International ditemukan bahwa jumlah kekayaan 2.153 miliarder dunia melebihi kekayaan yang dimiliki oleh 4,6 miliar penduduk dunia. Studi ini juga memperlihatkan bahwa jumlah miliarder berlipat ganda selama satu dekade belakangan. Laporan ini juga menemukan bahwa perempuan yang paling merasakan dampak dari kesenjangan sosial ini. Sebagai contoh, 22 pria terkaya di dunia memiliki uang lebih banyak dibandingkan seluruh perempuan di Afrika. Salah satu akibat kesenjangan sosial ini adalah pajak yang ditetapkan untuk orang kaya dan perusahaan tidak cukup besar. Baca berita lengkapnya di TIME.

Fortnite menggelar Emote Royale Contest di TikTok.

Permainan pertempuran populer, Fortnite, mengadakan kompetisi menari di TikTok dan kompetisi ini dibuka pada 18 Januari dan berakhir pada 24 Januari 2020. Siapa pun yang berhasil menunjukkan gerakan tarian paling bagus akan diabadikan di Fortnite dan mendapatkan 25.000 V-Bucks—mata uang digital permainan tersebut. Peserta harus berusia minimal 13 tahun dan memvideokan tarian mereka dan membagikannya di TikTok. Video ini tidak boleh melebihi 15 detik dan harus disertai dengan #EmoteRoyaleContest sebagai judul. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 31 Januari. Baca berita lengkapnya di Newsweek.

Sekian Morning Briefing 22 Januari 2020. Sebelum malam datang, jangan lupa cek rekomendasi night cream terbaik berikut ini, ya.

podcast button