5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 22 Februari 2021

Morning Briefing 22 Februari 2021
Foto: www.unsplash.com

It's Monday! Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak di tempat umum, jauhi kerumunan, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 22 Februari 2021.

BMKG prediksi hujan lebat masih terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bawah lima provinsi masih dalam status siaga berpotensi banjir dan bandang akibat hujan lebat pada periode 22-23 Februari 2021. Lima provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Sementara itu, ada 18 provinsi lain yang masuk dalam kategori waspada akan dampak hujan lebat selama dua hari ke depan. Yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu untuk wilayah Sumatera. Sebelumnya, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kemungkinan banjir yang masih bisa terjadi pada Maret dan April 2021. (Liputan6)

PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai 8 Maret.

Pemerintah menyetujui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro Jawa-Bali ketiga, mulai dari tanggal 23 Februari sampai dengan 8 Maret. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa belum seluruh daerah memetakan zonasi risiko untuk indikator PPKM mikro. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sempat mengklaim sepekan masa PPKM mikro Jawa-Bali telah membawa sejumlah kabar baik dalam perkembangan kasus virus corona di Indonesia. (Detik)

Lebih dari 100.000 petani di India unjuk rasa.

Demonstrasi yang dilakukan pada hari Minggu di negara bagian Punjab tersebut untuk menentang undang-undang pertanian. Selama hampir tiga bulan, puluhan ribu petani di india berkemah di Delhi untuk menuntut agar undang-undang tersebut dibatalkan karena dinilai akan merugikan petani dan menguntungkan bisnis besar. Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi yang memperkenalkan undang-undang tersebut pada September lalu, menawarkan untuk menundanya tapi menolak untuk membatalkannya. Kedua belah pihak telah bertemu beberapa kali untuk bernegosiasi tapi gagal menghasilkan kesepakatan. Serikat petani berjanji akan terus melakukan protes hingga undang-undang tersebut dibatalkan. Rencananya, demonstran besar-besaran akan dilakukan oleh petani pada 27 Februari ini di Delhi. (Reuters)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 9 Maret 2021

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

Para pemimpin dari Amerika Serikat, Komisi Eropa, Jepang, dan Kanada telah berkomitmen untuk berinvestasi $4,3 miliar untuk Covax, inisiatif global untuk membiayai vaksinasi negara-negara berpendapatan rendah. Dan sebuah peer-reviewed studi menunjukkan bahwa tiga bulan interval antara dosis pertama dan kedua vaksin AstraZeneca memberikan perlindungan terbaik. Sementara itu Yunani sudah mulai mengeluarkan sertifikat vaksin online. Untuk menghindari pemalsuan, sertifikat dilengkapi stempel digital, kode verifikasi dan kode QR.

Pemerintah Belanda mendapatkan dukungan parlemen untuk tetap mengadakan jam malam. Dengan begini, jam malam yang memicu demontrasi ini, bisa tetap diterapkan hingga awal Maret. Dan Toronto tetap akan memberlakukan lockdown hingga 8 Maret. Sementara itu, infeksi jumlah kasus infeksi di Afrika Selatan melampuai 1,5 juta pada Jumat lalu, dengan hampir 50.000 meninggal. Negara ini telah mengijinkan penggunaan vaksin Johnson & Johnson. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 111.180.534, dengan 2.462.515 kematian, dan 62.710.668 sembuh. (Bloomberg)

WhatsApp: Apa yang terjadi jika pengguna tidak setuju aturan privasi baru.

WhatsApp akan "pelan-pelan minta" pengguna untuk mengikuti ketentuan baru "untuk bisa menggunakan fungsi WhatsApp secara utuh" mulai 15 Mei. Jika masih saja belum menerima ketentuan ini, "untuk jangka pendek pengguna akan bisa menerima telepon dan notifikasi, tapi tidak bisa membaca atau mengirim pesan dari aplikasi. "Jangka pendek" ini berlangsung selama beberapa minggu. Jika pengguna tidak aktif, maka akan dihapus setelah 120 hari. (TechCrunch)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 22 Februari 2021, jangan lupa membaca cara move on dari mantan.