5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 21 September 2021

Morning Briefing 21 September 2021
Foto: www.canva.com

Hai! Bagaimana hari Senin kamu kemarin? Semoga hari ini lebih menyenangkan dan menenangkan. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 21 September 2021.

PPKM diperpanjang. 

Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), baik di dalam dan luar Pulau Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021. PPKM ini berdasarkan level, dengan ada 10 daerah di luar Jawa-Bali melaksanakan level 4. Sementara itu, tak ada lagi daerah dengan level 4 pada pelaksanaan PPKM Jawa-Bali. (CNN Indonesia)

Menkes: testing COVID-19 di Indonesia 4 kali lipat standar WHO.

Dalam jumpa pers kemarin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa testing COVID-19 telah mencapai 1,1 juta orang per pekan. Ini berarti sudah hampir empat kali lipat standar WHO. Sebagai info, testing sesuai anjuran WHO adalah 1 per 1.000 per pekan. Meski kemampuan testing meningkat, Budi melihat masih banyak masyarakat yang takut dites. (Tempo)

Update COVID-19 global: ekspor vaksin dan lockdown.

India akan kembali mengekspor vaksin COVID-19 mulai Oktober ke berbagai belahan dunia, lima bulan setelah berhenti mengirimkannya ke luar negeri. Sementara itu Pfizer mengatakan uji cobanya memperlihatkan bahwa vaksinnya aman dan memproduksi respons untuk anak-anak berusia 5-11 tahun. 

Laos menerapkan lockdown di ibukotanya Vientiane dan melarang perjalanan antar provinsi, seiring lonjakan kasus. Sebaliknya, ibukota Vietnam, Hanoi, akan melonggarkan pembatasan mulai minggu ini, karena jumlah kasus menurun dan mayoritas populasi dewasa sudah menerima dosis pertama vaksin. 

Di sisi lain, dokter-dokter di Thailand akan mulai menyuntikkan vaksin booster di bawah kulit, bukan ke dalam otot. Ini dalam rangka menguatkan imunitas dan memperpanjang persediaan vaksin. 

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 228.635.141, dengan 4.693.785 kematian, dan sebanyak 5.922.519.104 vaksin sudah diberikan. (Telegraph)

Letusan gunung di La Palma, Spanyol: Ribuan mengungsi dan rumah rusak. 

Letusan vulkanik pertama dalam kurun waktu 50 tahun tersebut memaksa evakuasi sekitar 5.000 orang dan menyebabkan 100 rumah rusak. Ledakan terjadi pada Minggu, dan belum ada laporan korban jiwa tapi gunung api masih aktif hingga Senin. La Palma telah berada di status waspada setelah terjadi guncangan selama seminggu di Cumbre Vieja, yang merupakan bagian dari rangkaian gunung api yang mengalami erupsi besar pada 1971. (Reuters)

Pemenang Emmy Awards 2021: The Crowns mendominasi.

Serial Netflix, The Crown, membawa pulang tujuh piala, termasuk drama seri terbaik, di 73rd Primetime Emmy Awards pada Minggu malam. Sementara itu, Ted Lasso dari Apple TV+ mendapatkan empat piala dan The Queen’s Gambit dua piala, termasuk kategori limited series. Meski berusaha untuk beragam, tapi pemenang Emmys masih dikatakan terlalu “kulit putih” karena mayoritas pemenang piala utama berkulit putih. (Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 21 September 2021, jangan lupa mengecek tentang 15 rekomendasi bubble mask terbaik.