5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 21 September 2020

Morning Briefing 21 September

Selamat hari Senin! Tetap pakai masker bersih kamu saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di di tempat publik, dan jangan lupa cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum Morning Briefing 21 September 2020.

Mata pelajaran Sejarah akan tetap ada.

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram pribadinya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memastikan tak ada rencana untuk menghapus mata pelajaran sejarah dalam kurikulum baru yang sedang disiapkan. Klarifikasi ini disampaikan karena beredar isu sejarah sebagai mata pelajaran akan menjadi tidak wajib atau hanya pilihan bagi siswa SMA dan sederajat. Nadiem juga menyatakan bahwa pada 2021 Kemendikbud hanya akan melaksanakan berbagai prototyping kurikulum baru di sekolah penggerak yang terpilih. Bukan dalam skala nasional. Ia menyampaikan bahwa penghapusan mata pelajaran sejarah tidak mungkin dilakukan. Pasalnya mapel ini bisa membentuk identitas nasionalis generasi baru. (CNN Indonesia)

Rekor kasus harian Indonesia.

Indonesia mencatat rekor kasus baru harian tertinggi hari Sabtu kemarin, yakni sejumlah 4.168, sehingga jumlah kasus total adalah 240.687 dengan 9.448 kematian. Kota-kota besar di pulau Jawa menjadi pusat penyebaran, terutama Jakarta, Jawa Timur, jawa Tengah, dan Jawa Barat. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara dengan kasus kedua terbanyak di Asia Tenggara. FIlipina memiliki kasus terbanyak dengan 283.460 (per Sabtu). Secara dunia, Indonesia berada di peringkat ke-23 dengan kasus terbanyak. Pemerintah baru-baru ini memutuskan untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat untuk mengurangi transmisi COVID-19. (The jakarta Post)

Ribuan demonstran kritik monarki di Thailand.

Setelah dua bulan unjuk rasa, demonstran yang turun ke jalan di Bangkok, Thailand, mulai terang-terangan mengkritik monarki dan dominasi militer di pemerintahan. Sebagai informasi mengkritik monarki adalah seuatu yang tabu dan ilegal menurut undang-undang yang berlaku. Selama akhir pekan, para demonstran turun ke jalan dan diblok oleh raturan aparat polisi tidak bersenjata di Grand Palace. Para pemimpin demontrasi mendeklarasikan kemenangan setelah berhasil menyerahkan sebuah surat yang berisikan tuntutan mereka. Pihak polisi mengatakan surat tersebut akan diserahkan kepada pimpinan polisi untuk memutuskan langkah selanjutnya. (Reuters)

Update COVID-19: Inggris terapkan denda berat dan WHO dukung tes obat herbal Afrika.

Menurut Perdana Menteri Boris Johnson mulai 28 September warga Inggris yang positif terinfeksi virus ini wajib secara hukum melakukan isolasi mandiri. Bagi yang menolak melakukan isolasi mandiri bisa didenda hingga $13.000. Sementara itu, PBB mendukung sebuah protokol pengujian obat-obatan herbal Afrika sebagai potensial pengobatan coronavirus dan epidemik lainnya. Protokol ini merupakan uji coba klinis fase III untuk memastikan keamanan dan efektifan produk obat baru.

Dari Italia dilaporkan mulai Minggu kemarin, arena sepakbola akan melaksanakan pertandingan dengan dihadiri penonton jumlah terbatas. Hingga 1000 orang bisa menonton pertandingan bola Serie A. Sementara itu, Amerika Serikat dikabarkan mampu mendiagnosa lebih dari 1 juta tes dalam satu hari. Meski begitu, negara tersebut membutuhkan 6 hingga 10 juta per hari untuk bisa mengendalikan wabah ini. Dan Korea Selatan memperpanjang level 2 social distancing hingga 27 September, yang membatasi pertemuan indoor di bawah 50 orang dan outdoor kurang dari 100. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 30.828.767, dengan 957.959 kematian, dan 21.088.551 kesembuhan. (Aljazeera)

Emmy Awards diselenggarakan virtual.

Emmy Awards akan menjadi ajang penghargaan Hollywood pertama yang diselenggarakan secara virtual. Jimmy Kimmel akan bertindak sebagai pembawa acara, dan berlangsung Minggu malam di Los Angeles, dengan penonton Indonesia akan mengetahui pemenangnya pada Senin pagi. Watchmen, serial milik HBO, merupakan acara yang paling banyak mendapatkan nominasi (26), diikuti dengan The Marvelous Mrs Maisel (20), Succession (18), Ozark (18), Schitt’s Creek (15), dan The Mandalorian (15). Piala akan diberikan kepada pemenang di rumah masing-masing oleh staf Emmy. (BBC)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 21 September 2020, jangan lupa membaca bagaimana menghadapi anak yang manja.




podcast button