5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 21 November 2019

Foto: www.canva.com

Pertengahan minggu nih—apakah kamu sudah gajian? Sambil menunggu, bagaimana jika mengecek rekomendasi sheet mask berikut supaya wajahmu tetap cerah meski dompet cekak. Dan untuk mengalihkan fokus (dari masalah duit), baca lima hal berikut ini.

Bagi yang berencana mendaftarkan diri menjadi CPNS, harus buru-buru.

Pasalnya, sejumlah kementerian akan menutup pendaftaran hari Minggu ini. Di antaranya Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Sosial dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sementara instansi lain akan menutup pendaftaran pada hari Senin sampai Rabu minggu depan. Baca jadwal lengkapnya di sini.

Berencana mendaki gunung Semeru? Tunggu sampai tahun depan.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyatakan pendakian di Gunung Semeru, Jawa Timur akan ditutup dan dibuka kembali pada Januari 2020. Penutupan tersebut berkaitan dengan proses pembersihan di jalur pendakian Gunung Semeru usai kebakaran hutan yang menghanguskan hampir 131 hektare area. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Lebih dari sejuta kondom ditarik dari pasaran di Uganda.

Hal ini dilakukan setelah National Drug Authority khawatir kondom tersebut rentan mengalami kebocoran, karena berlubang dan kualitasnya di bawah standar. Marie Stopes International pun melakukan penarikan. Marie Stopes adalah organisasi kesehatan reproduksi dan seksual terbesar di Uganda yang menyediakan 2 juta kondom ke seluruh pelosok negara setiap bulannya. Sampai saat ini, lebih dari setengahnya sudah berhasil ditarik. Uganda merupakan satu dari 69 negara target yang sedang mencoba meningkatkan akses terhadap kontrasepi. Diperkirakan bahwa 6% dari orang Uganda berusia 15-49 hidup dengan HIV, dan banyak di antara penderita adalah perempuan. Baca berita lengkapnya di sini.

Pendiri Wendy’s memiliki penyesalan besar.

Wendy Thomas, anak perempuan dari Dave Thomas (pendiri Wendy’s) mengemukakan bahwa ayahnya menyesal dan meminta maaf karena menamai usahanya dengan namanya. Menurut ayahnya, penamaan tersebut memberikan “tekanan terlalu berat” bagi anak perempuannya. Pengakuan tersebut disampaikan kepada Wendy sebelum sang ayah meninggal dunia 20 tahun yang lalu. Wendy’s dibuka pada tahun 1969 dan memutuskan menggunakan nama dan gaya kuncir kuda anak perempuannya sebagai simbol resto fast food tersebut. Dalam sebuah wawancara, Wendy mengakui bahwa penamaan tersebut memberikan beban tersendiri, tapi dia tidak ingin mengubah apa pun. Baca berita lengkapnya di sini.

Lizzo dan Billie Eilish mendominasi nominasi Grammy Awards 2020.

Daftar nominasi Grammy 2020 diumumkan dan Lizzo masuk ke dalam delapan nominasi, termasuk Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year dan Best New Artist. Sementara Billie Eilish dan Lil Nas X mengantongi masing-masing enam nominasi. Nama-nama lama yang juga masuk ke dalam daftar nominasi adalah Taylor Swift (Lover), Lady Gaga (A Star is Born soundtrack), Ariana Grande, Beyonce and Michelle Obama (untuk Best Spoken Word Album untuk Becoming). Penghargaan akan diserahkan kepada pemenang pada 26 Januari 2020 di Los Angeles. Alicia Keys kembali bertindak sebagai pembawa acara. Baca daftar nomine lengkapnya di sini.

podcast button