5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 21 Januari 2021

Morning Briefing 21 Januari
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Heiho! Semoga harimu menenangkan dan menyenangkan. Tetap pakai masker, jaga jarak di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar dan teratur. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 21 Januari 2021.

Pemerintah akan perpanjang PPKM Jawa-Bali.

Pemerintah berencana memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Pulau Bali untuk menekan laju penularan COVID-19. Perpanjangan ini akan berlaku hingga dua minggu ke depan setelah tanggal 25 Januari 2021. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia memberlakukan PPKM di Jawa-Bali dari 11 hingga 25 Januari 2021. Namun angka penambahan kasus tetap tinggi. Hingga saat ini ada 927.380 kasus positif, 146.842 di antaranya masih terpapar, dan 26.590 orang meninggal dunia. (CNN Indonesia)

Tim SAR hanya temukan 1 puing Sriwijaya Air SJ-182.

Tim Basarnas melaporkan ada satu kantong serpihan pesawat yang ditemukan dari hasil pencarian pada Rabu (201). Di hari ke-12 pencarian ini, tim belum menemukan body part dan serpihan besar. Seperti diketahui, cuaca buruk memang kerap menyelimuti proses pencarian dalam beberapa hari terakhir ini. Sejak hari pertama pencarian pesawat ini, tim Basarnas telah mendapatkan bagian tubuh korban sebanyak 324 kantong, serpihan kecil pesawat sebanyak 64 kantong, dan potongan besar pesawat 55 bagian. Lalu, satu unit FDR dan casing CVR. (Liputan6)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan varian.

Pfizer dan BioNTech SE percaya bahwa vaksin mereka bisa melindungi manusia dari varian baru yang ditemukan di Inggris menurut hasil laboratorium. Sementara sebuah penelitian dari Afrika Selatan menyatakan bahwa setengah sampel darah dari pasien dengan COVID-19 tidak memiliki antibodi yang bisa melindungi dari varian baru ini. Beijing menemukan dua kasus yang berkaitan dengan varian ini di distrik Daxing pada 17 Januari. Beijing sendiri sudah menerapkan lockdown terhadap 1,7 warga Daxing.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 2 Desember 2020

Jerman melaporkan rekor kematian tertinggi sejak pandemi dimulai, yakni 48.997 dalam 24 jam hingga Rabu pagi. Dan pemerintah Thailand mempertimbangkan mengurangi restriksi di Bangkok dan sejumlah provinsi lainnya. Sementara itu, Singapore Airlines mengadakan tes coronavirus sebelum terbang kepada penumpangnya melalui booking platform sebagai upaya menggerakkan kembali dunia wisata. Penumpang yang terbang dari Singapura, Jakarta dan Medan bisa melakukan tes di klinik-klinik dan mendapatkan hasilnya dari 36 jam. Jika negatif, hasil ini dibisa digunakan untuk travel. Dan Jepang berencana untuk memberikan vaksin kepada non-residen mulai Mei 2021. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 96.284.292, dengan 2.060.232 kematian, dan 53.175.110 sembuh. (Bloomberg)

Hari pertama Presiden Biden akan menandatangani 15 perintah eksekutif.

Setelah dilantik menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat kemarin, Joe Biden akan menandatangi berbagai perintah eksekutif. Di antaranya mandat mengenakan masker di properti negara, respons terhadap pandemi, dan bergabung kembali dengan WHO. Biden juga akan memulai proses bergabung kembali ke perjanjian iklim Paris dan membatalkan ijin proyek pipa minyak Keystone XL. Selain itu, Biden juga akan membatalkan deklarasi emergensi yang membantu pembiayaan pagar perbatasan dan mencabut pelarangan travel dari sejumlah negara Muslim. (Reuters)

Netflix memiliki lebih dari 200 juta subscribers.

Netflix mencetak rekor baru: ada 203,6 juta subscribers di seluruh dunia. Pencapaian ini terjadi setelah pertumbuhanan hebat di pertengahan pertama 2020. The Queen's Gambit dan Emily in Paris menjadi seri yang paling favorit di kuartal keempat tahun lalu. Plus, serial terkenal The Crown yang membuat Netflix tetap dilirik meski kompetisi dari Disney dan HBO Max. Meski begitu, Netflix mengakui bahwa pertumbuhannya tidak akan mengalami hal yang sama di 2021. (The Verge)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 16 Desember 2020

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 21 Januari 2021, jangan lupa mengecek penyebab kulit kering dan cara mengatasinya