5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 21 Januari 2020

morning briefing 21 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Hello, selamat pagi! Sejujurnya tidur LIMONE kurang nyenyak tadi malam. Penyebabnya? Masih terbayang-bayang foto-foto reuni Brad Pitt dan Jennifer Aniston di belakang panggung SAG Awards 2020. Apa mau dikata, meski perceraian mereka sudah belasan tahun (15 tahun, tepatnya) dan ada banyak rumor tidak menyenangkan tentang retaknya hubungan tersebut—LIMONE merupakan pribadi yang romantis. Entah kenapa, sangat ingin mereka balikan lagi! Well, bagaimana menurutmu? Selain momen bersejarah itu, kemenangan Parasite di ajang penghargaan tersebut juga bikin LIMONE senang tidak tara! Yaaas. Film tersebut memang layak menjadi juara. Selain kabar prestasi tersebut, ada beberapa berita lain lagi yang wajib kamu baca dalam Morning Briefing 21 Januari 2020.

Seluruh aparatur sipil negara (ASN) pusat akan pindah ke ibukota baru.

Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Kementerian PAN-RB untuk membuat roadmap pemindahan seluruh abdi negara pusat. Ini guna memastikan sistem pemerintahan tetap berjalan di 2024, saat ibukota baru siap. Dalam rencana pemerintah, biaya pemindahan ASN ini akan ditanggung pemerintah, termasuk akomodasi, transportasi, keuarga, biaya pengemasan dan angkutan barang, serta uang harian. Prioritas pemindahan ASN yang pertama adalah lembaga negara, sekretariat lembaga negara, alat negara, seperti Presiden dan Wakil Presiden, MPR, DPR, DPD, MA, MK, KY, sekretariat lembaga negara, Setneg, Setkab, TNi, Polri, dan Kejagung. Baca berita lengkapnya di Detik.

Mulai Februari 2020, film animasi Ghibli bisa disaksikan di Netflix.

Studio animasi asal Jepang tersebut akhirnya memberikan izin kepada Netflix untuk menayangkan karya-karyanya. Selama ini, studi tersebut memang enggan menayangkan film produksi mereka di platform digital. Per Februari 2020 akan ada 21 film Ghibli yang ditayangkan di Netflix, di antaranya Spirited Away, Princess Mononoke, Arriety, My Neighbor Totoro, dan The Tale of the Princess Kaguya. Film-film tersebut akan ditayangkan dalam bahasa Jepang dengan menggunakan teks terjemahan. Pilihan ini dapat ditonton di Netflix global, kecuali Amerika Serikat, Kanada dan Jepang. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Jumlah orang yang terjangkit virus mirip SARS di Wuhan semakin meningkat.

Pihak otoritas di Wuhan mengatakan sebanyak 136 pasien terjangkit coronavirus sudah diidentifikasi. Ini artinya, terdapat lebih dari 190 kasus di kota tersebut. Sejauh ini, lebih dari 20 pasien sudah ditransfer ke Shenzhen untuk diobati. Menurut data, virus ini menyebabkan tiga orang meninggal dan sembilan lainnya masih dalam kondisi kritis sejak diidentifikasi awal bulan ini. Sementara 25 orang lainnya telah dirilis dari rumah sakit setelah sembuh dari infeksi tersebut, menurut otoritas kesehatan Wuhan. Virus ini sendiri sudah menyebar ke Korea Selatan, Jepang dan Thailand. Baca berita lengkapnya di Financial Times.

Malaysia mengirimkan ribuan ton metrik sampah plastik ke negara-negara kaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Lingkungan Yeo Bee Yin yang juga mengatakan bahwa hal tersebut sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Menurutnya, tindakan tersebut adalah dalam rangka menegaskan bahwa negara Asia Tenggara bukanlah “tempat sampah dunia”. Tidak hanya Inggris, 3.737 ton metrik sampah yang tidak diinginkan telah dikembalikan ke 13 negara kaya, termasuk Amerika Serikat dan Kanada. Jumlah terbanyak, yakni 43 ton, dikirimkan ke Prancis. Yeo juga mengatakan bahwa 110 kontainer akan dikembalikan ke negara asal pada pertengahan tahun ini, 60 kontainer di antaranya milik AS. Sejak China melarang impor sampah plastik di 2018, pengiriman sampah dialihkan ke Asia Tenggara. Akan tetapi, sejumlah negara, termasuk Malaysia, Filipina dan Indonesia, mulai menolak impor tersebut. Baca berita lengkapnya di Telegraph.

Parasite menorehkan sejarah di SAG Awards 2020.

Film Korea Selatan tersebut membawa pulang penghargaan Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture di ajang penghargaan SAG Awards, MInggu (19/01). Ini membuatnya menjadi film-bukan-dalam-bahasa-Inggris pertama yang memenangkan kategori tersebut. Peristiwa ini juga merupakan sebuah hal yang tidak disangka karena selama ini SAG-AFTRA cenderung menganaktirikan film dengan alih bahasa. Film besutan sutradara Bong Joon Ho ini juga masuk Oscar 2020 untuk nominasi Film Terbaik; hal pertama untuk film Korea. Selain kategori tersebut, film ini juga masuk dalam nominasi Sutradara Terbaik, Film Internasional Terbaik, Skenario Original Terbaik, Desain Produk dan Film Editing. Oscar akan diadakan 9 Februari mendatang. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Sudah selesai membaca Morning Briefing 21 Januari 2020? Jangan lupa mengintip ini, terutama buat kamu pecinta musik dan film.