5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 21 April 2021.

Morning Briefing 21 April 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Apa yang kamu ingat dari perayaan hari Kartini? Kalau LIMONE, bangun pagi-pagi karena harus sasakan, pakai kebaya, dan mengikuti upacara bendera di sekolah. Ah, masa lalu yang tidak mengharuskan pakai masker dan boleh berdiri super dekat dengan teman karena sambil bergosip tentang cowok gebetan yang berbaris di depan! Selamat menikmati hari ini, tetap patuhi protokol kesehatan, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 21 April 2021.

Perbaikan listrik di NTT akibat badai Seroja hampir rampung.

PLN mengatakan pemulihan listrik di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mencapai 92,1 persen. Pemulihan listrik ini ditandai dengan pengoperasian menara darurat di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Dari sini listrik akan mengalir dari Kota Kupang ke Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu. Hingga Senin (19/4/2021) tengah hari, PLN telah berhasil memulihkan 3.694 gardu yang terdampak, sehingga sebanyak 595.725 pelanggan di sana sudah bisa kembali menikmati listrik. Sebagai informasi, badai siklon Seroja melanda NTT pada 5 April 2021 lalu. (Liputan6)

Satgas: kasus COVID-19 naik 14 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menduga peningkatan periode 12-18 April 2021 lantaran euforia vaksinasi. Penyebab peningkatan ini juga adalah merosotnya kepatuhan terhadap protokel kesehatan. Minggu sebelumnya, angka kasus turun. Rinciannya, periode 5-11 April kasus turun menjadi 32.740 kasus dibandingkan pekan sebelumnya. Kemudian pada periode 12-18 April naik menjadi 37.353 kasus dalam sepekan. Tidak hanya peningkatan jumlah kasus positif, kasus kematian akibat COVID-19 juga mengalami kenaikan sebesar 4,2 persen pada periode yang sama. (CNN Indonesia)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 5 November 2020

ASEAN akan mendiskusikan krisis Myanmar di Jakarta Sabtu ini.

Namun sebagian anggota memilih untuk mengirimkan menteri bukan kepala pemerintahan. Sejauh ini, 10 anggota ASEAN telah berusaha untuk membantu Myanmar keluar dari krisis yang telah menelan ratusan korban jiwa tersebut. Namun kebijakan tidak mengintervensi yang dipegang oleh grup ini membatasi kemampuannya untuk mengatasi masalah ini. Pejabat resmi Thailand mengabarkan bahwa kepala junta Myanmar, Min Aung Hlaing, akan menghadiri pertemuan tersebut. Belum ada pernyataan resmi Myanmar mengenai hal ini. (Reuters)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan gawat darurat di Tokyo.

BPOM Uni Eropa mengatakan bahwa manfaat vaksin Johnson & Johnson melampaui risiko kemungkinan pembekuan darah. Menurut badan ini pembekuan darah harus didaftarkan sebagai efek samping langka. Sementara itu, Thailand sedang bernegosiasi dengan Pfizer untuk mendapatkan dosis vaksin tambahan.

Tokyo memutuskan untuk meminta pemerintah Jepang untuk mendeklarasikan status tanggap darurat karena jumlah kasus yang terus melonjak tiga bulan sebelum Olimpiade. Singapura memperketat perbatasannya untuk pendatang dari India seiring semakin mengkhawatirkannya wabah di sana.

Sementara itu, lewat Twitter, kepala menteri New Delhi memohon kepada pemerintah federal untuk menambah persedian oksigen. Ada 24.000 kasus baru pada Senin kemarin , yang menyebabkan lockdown seminggu di New Delhi. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah kasus COVID-19 global adalah 142.242.353, dengan 3.033.145 kematian, dan 81.438.674 sembuh. (Bloomberg)

Reddit Talk: aplikasi audio sosial dari Reddit.

Reddit meluncurkan Reddit Talk, Clubhouse versinya, pada Senin dalam bentuk "sneak preview" karena belum tersedia secara luas. Dari penampakannya, Reddit Talk terlihat mirip dengan Clubhouse, Twitter Spaces, dan aplikasi audio sosial lainnya. Talks akan berlangsung "live" dalam subreddits. Dalam tes awal ini, hanya moderator subreddit yang bisa memulai sebuah Talk, dan pihak penyelenggara bisa mengundang, membisukan dan mencopot pembicara. Meski hanya moderator yang bisa memulai Talks tapi setiap orang yang berada di iOS dan Android bisa mendengarkannya. (The Verge)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 4 Desember 2020

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 21 April 2021, jangan lupa membaca tentang bagaimana mengajarkan anak untuk menjadi diri sendiri.