5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini 20 September 2021

Morning Briefing 20 September 2021
Foto: www.canva.com

Heiho! Tetap terapkan protokol kesehatan dan semoga harimu menyenangkan. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 20 September 2021.

10 provinsi dengan kasus sembuh COVID-19 terbanyak.

Penyumbang kasus sembuh COVID-19 terbanyak kemarin (19/9) adalah Jawa Tengah, diikuti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Sumatera Utara. Lalu, Aceh, Sulawesi Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Sedangkan kasus terkonfirmasi COVID-19 bertambah 2.234 dan 145 jiwa meninggal dunia. (Liputan6)

BMKG: 19 daerah waspada banjir dan bandang.

Potensi banjir atau bandang ini berlaku pada Senin (20/9) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (22/9) pukul 07.00 WIB. Potensi dampak hujan lebat dapat terjadi di provinsi termasuk Aceh, Jambi, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dan Papua Barat. (CNN Indonesia)

Update COVID-19 global: vaksin, dan penambahan kasus.

India mencatat rekor pemberian vaksin sebanyak 22,6 juta pada Jumat kemarin, yang merupakan tiga kali jumlah rata-rata harian dalam satu bulan terakhir. Sementara itu, Kamboja mulai memberikan vaksin kepada anak berusia 6 hingga 11 tahun minggu lalu sehingga siswa bisa kembali ke sekolah.

Di sisi lain, Italia memperkenalkan aturan super ketat dengan mewajibkan semua pekerja untuk menunjukkan bukti vaksin, hasil tes negatif atau sudah sembuh dari infeksi. Pekerja yang tidak memperlihatkannya, akan mendapatkan denda atau suspensi tanpa gaji, tapi tidak pemecatan.

Sementara itu, New Zealand dan Australia menunda "travel bubble" bebas karantina pada Jumat kemarin, di tengah kekhawatiran melonjaknya jumlah kasus di sana akibat varian Delta. Dan menurut studi CDC yang melibatkan 3.600 pasien, Moderna merupakan vaksin paling efektif mencegah seseorang mendapatkan perawatan rumah sakit.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 228.278.071, dengan 4.689.110 kematian, dan sebanyak 5.901.998.835 vaksin sudah diberikan. (Washington Post)

Petinju Manny Pacquiao calonkan diri jadi presiden 2022.

Kemarin, Manny Pacquiao mengatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden Filipina tahun depan, setelah mengkritik pemerintahan yang korup. Pacquiao menerima nominasi dari sekutu politiknya dalam pertemuan dengan fraksi yang dipimpinnya, Partai PDP-Laban. Sebelumnya, fraksi pesaingnya, menominasikan orang dekat Presiden Rodrigo Dutertet, Senator Christophe "Bong" Go, sebagai kandidat presiden. (Reuters)

PNS wanita di Kabul diminta untuk tetap di rumah oleh Taliban.

Hanya mereka yang pekerjaannya yang tidak bisa digantikankan oleh laki-laki yang boleh datang ke kantor. Dalam beberapa hari terakhir, pemerintahan baru Taliban telah mengeluarkan sejumlah aturan yang membatasi hak perempuan. Di antaranya, siswi SMP dan SMA belum boleh kembali ke sekolah, sementara siswa pria akhir pekan ini. Selain itu, kelas di universitas akan terpisah antara laki-laki dan perempuan. (The Guardian)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 20 September 2021, jangan lupa mengecek 13 novel altruisme yang wajib kamu baca.