5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 20 November 2019

Foto: www.canva.com

Hei kamu, sudahkah berolahraga pagi ini? Ahli dari Harvard bilang bahwa lima olahraga ini adalah bentuk olahraga paling efektif. Dan berbicara tentang efektif, membaca lima berita di bawah dijamin akan membuat sel-sel kelabu di otak semakin segar dan efektif.

Kenaikan listrik akan diberlakukan mulai 1 Januari 2020.

Kenaikan tarif listrik akan mengenai golongan rumah tangga mampu (RTM) dengan daya 900 VA. Akan tetapi pihak PLN menjamin nilainya tidak akan terlalu besar. Kenaikan yang diperkirakan sekitar Rp 29.000 per bulan tersebut; artinya tidak sampai Rp 1.000 per hari. Meski begitu, pemerintah masih belum bisa memastikan apakah akan terjadi perubahan atau tidak mengenai rencana kenaikan tersebut. Satu pasti yang pasti, keputusan mencabut subsidi RTM 900 VA akan mulai berlaku tahun depan. Baca berita lengkapnya di sini.

Tim mahasiswa ITS menorehkan sebuah prestasi membanggakan.

Dalam ajang Advanced Innovation Global Competition (AIGC) 2019 yang digelar di Nanyang Technological University (NTU), Singapura, tim mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih Gold Award. Penghargaan tersebut sukses dibawa pulang berkat karya inovasi berupa keramik ramah lingkungan dengan nama produk Scammics. Keramik tersebut terbuat dari bahan dasar bonggol jagung dan limbah cangkang kerang hijau. Selain ramah lingkungan, keramik ini juga aman digunakan, tanpa bahan kimia, memiliki harga lebih murah dengan kualitas terjamin. Baca berita lengkapnya di sini.

Perserikatan Bangsa-Bangsa tetap menganggap penempatan Israel di wilayah teritori Palestina melanggar hukum internasional.

Hal ini disampaikan oleh perwakilan kantor Hak Azasi Manusia PBB di sebuah news briefing di Geneva, kemarin. Pernyataan ini dikeluarkan menyusul kebijakan terbaru Amerika Serikat yang mendukung penempatan Israel di wilayah West Bank. Menurut PBB “perubahan kebijakan satu negara tidak berarti memodifikasi aturan internasional yang sudah berlaku.” Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Swedia menghentikan investigasi terhadap Julian Assange.

Menurut seorang jaksa Swedia, tuntutan dugaan pemerkosaan yang melibatkan pendiri WikiLeaks tersebut resmi dihentikan. Assange sendiri saat ini sedang berada dipenjara di Inggris untuk menjalani hukuman kurungan 50 minggu di penjara Belmarsh, London, karena gagal muncul di pengadilan (jumping bail). Keputusan penghentian kasus ini mengikuti sebuah keputusan sebuah pengadilan Swedia Juni lalu yang menyatakan bahwa Assange tidak seharusnya ditahan. Selain kasus tersebut, Assange juga masih terbelit perkara ekstradisi ke Amerika Serikat. Baca berita lengkapnya di sini.

Kylie Jenner menjual 51% bisnisnya kepada Coty.

Seandainya kamu belum tahu, Coty adalah perusahaan yang mengontrol Gucci Beauty, Burberry dan Miu-Miu (kategori makeup dan parfum). Perusahaan tersebut menghargai Kylie Cosmetics dengan harga $600 juta. Dikabarkan Jenner dan timnya akan tetap menjadi pemimpin produk dan komunikasi, termasuk media sosial. Coty berharap pertumbuhan merek kosmetik tersebut akan mencapai lebih dari 1% per tahun selama tiga tahun ke depan. Pada tahun sebelumnya, Kylie Cosmetics diperkirakan memperoleh penghasilan sebesar $177. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button