5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 20 Maret 2020

Morning Briefing 20 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hello, mungkin saking sibuk dan terombang-ambingnya suasana saat ini kamu lupa bahwa hari ini adalah hari Jumat. Ini artinya… TGIF! Tetap batasi diri keluar dari rumah dan jaga kesehatan, ya. Selamat menikmati akhir pekan (di rumah) dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 20 Maret 2020.

Jumlah pasien positif COVID-19 per Kamis (19/3) bertambah menjadi 309 orang dan 25 orang meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah khusus penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam sebuah konferensi pers. Kasus terbanyak berasal Jakarta (210), Banten (27), Jawa Barat (26), Jawa Tengah (12), DIY (5), Jawa Timur (9), Kalimantan Timur (3), Kepulauan Riau (3), Sulawesi Tenggara (3), Kalimantan Barat (2), Sumatera Utara (2), Sulawesi Selatan (2), Riau (2), Bali (1 kasus), Sulawesi Utara (1), dan Lampung (1). Dari angka itu, Yurianto menyebut ada 25 orang dengan korban terbaik dari DKI, yakni 17 orang. Sementara itu, ada15 orang yang sembuh dari COVID-19 setelah menjalani dua kali tes. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Penumpang bisa membatalkan tiket KA Mudik tanpa potongan.

Syaratnya, penumpang tersebut memiliki suhu tinggi atau di atas 38 derajat Celcius; jika ini terjadi maka uang mereka dikembalikan 100 persen. Pihak KAI juga mengatakan bahwa pasien dengan suhu badan tinggi tersebut tidak akan diperbolehkan melakukan perjalanan dengan kereta api. Untuk melakukan pembatalan, penumpang tipe ini bisa melakukannya di stasiun setelah melalui proses pengecekan oleh petugas kesehatan. Sementara itu, penumpang yang tidak memiliki suhu badan tinggi tapi ingin membatalkan perjalanan, akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari harga tiket. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Update COVID-19: telah meinfeksi hampir 219.000 orang di seluruh dunia dan lebih dari 8.900 orang meninggal.

Prancis kemungkinan akan memperpanjang lockdown setelah terdapat angka kematian baru yakni 89 (total 264 orang meninggal). Sementara itu, di Jerman, terdapat 10.999 kasus dengan 20 pasien meninggal. Switzerland memperpanjang kontrol perbatasan dan sementara tidak merilis visa Schengen selama tiga bulan. Italia memerintahkan tentara untuk memindahkan tubuh para pasien yang meninggal dari sebuah kota di bagian utara Italia dan bersiap untuk memperpanjang “emergency lockdown” di seluruh penjuru negara. Baca berita lengkapnya di Reuters.

New Zealand mengesahkan UU dekriminalisasi aborsi dan memperbolehkan perempuan untuk melakukan aborsi sampai 20 minggu usia kehamilan.

Jika umur kehamilan melebihi periode itu, aborsi hanya legal jika “praktisi kesehatan percaya bahwa aborsi secara klinis dibutuhkan dalam situasi tersebut”. Pemungutan suara ini dilakukan Rabu kemarin dan akan berlaku sehari setelah mendapatkan persetujuan dari gubernur jenderal, yakni perwakilan Ratu Elizabeth di New Zealand, yang pada dasarnya hanyalah sebuah formalitas. Hukum aborsi yang masih berlaku sekarang diadopsi pada 1977 dan diubah beberapa kali, serta menganggap terminasi kehamilan sebagai sebuah kejahatan. Meski menurut pejabat setempat tidak ada orang yang pernah dipersekusi karena aborsi. Undang-undang baru ini akan mencopot aborsi dari daftar tindakan kejahatan. Baca berita lengkapnya di BBC.

Harvey Weinstein memulai masa tahanan 23 tahunnya di penjara negara New York.

Tokoh penting Hollywood yang dipenjara karena kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan tersebut akan menjadi penghuni di sebuah fasilitas koreksi dengan keamanan maksimum di Wende, dekat Buffalo, enam jam perjalanan mobil dari Manhattan. Kemungkinan besar Weinsten (68 tahun) akan berada sementara di sana. Saat berada di penjara tersebut, Weinstein akan dievaluasi untuk menentukan penjara mana yang memenuhi kebutuhan keamanan, medis, dan kesehatan mentalnya. Produser film Shakespeare in Love tersebut dinyatakan bersalah pada 24 Februari. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Usai menikmati Morning Briefing 20 Maret 2020, pastikan membaca informasi tentang berapa sebenarnya maksimal penurunan berat badan setiap bulan menurut ahli gizi.

podcast button