5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 2 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Hari ke-2 bulan Oktober nih, bagaimana kemacetan di WhatsApp kamu? Pasalnya ada berita nih, bahwa:

WhatsApp sedang menguji coba sebuah fitur baru: self-destructing message.

Fitur ini akan memampukan kamu untuk mengatur pesan-pesan tertentu musnah dengan sendirinya setelah periode waktu tertentu. Bayangkan Tom Cruise dan Mission Impossible—tapi yang ini tanpa asap. Sebelumnya, kita melihat fitur ini pada aplikasi Telegram dan Gmail. Karena ini masih dalam bentuk beta, jadi fitur ini belum tersedia untuk semua orang. Hmm… kira-kira pesan-pesan seperti apa yang kamu ingin bisa hancurkan setelah beberapa menit? Baca berita lengkapnya di sini.

Berita yang tidak kalah bikin terkejut: ilmuwan mengklaim bahwa alien bisa jadi sudah memata-matai manusia sejak ribuan tahun silam.

Klaim mengejutkan ini diterbitkan di Astronomical Journal dan menurut Dr James Benford, sang penulis, alien telah mengamati peradaban di Bumi dengan menggunakan robot “pengintai”. Menurutnya, para robot ini bisa memiliki banyak wujud, bisa tersembunyi di asteroid, bulan atau berbagai objek berbeda dengan sistem foto voltaik yang mampu memperbesar gambar. Apa tujuan para alien memata-matai Bumi? Untuk mengumpulkan sains untuk masyarakat yang lebih luas di galaksi kita. Wow. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari negara tetangga, Malaysia berencana untuk memperkenalkan aturan ketat tentang e-cigarette.

Malaysia ingin memasukkan e-cigarette dan vaporiser ke dalam kategori yang sama dengan produk-produk rokok. Ini artinya, sama dengan produk tembakau, akan ada larangan promosi dan iklan, penggunaan di area publik dan pemakaian oleh anak kecil. Menurut kementerian kesehatan negara tersebut draf Tobacco Control and Smoking Act baru sudah diselesaikan dan sedang diajukan ke Jaksa Agung untuk review terakhir. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, dari pelantikan anggota DPR baru, ada kabar gembira bagi perempuan.

Yakni, Puan Maharani dilantik menjadi ketua DPR periode masa jabatan 2019 – 2024, dan ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Dalam pidato pertamanya sebagai ketua, anggota DPR dari PDI-P tersebut juga meminta anggota DPR mengedepankan kritik yang konstruktif, menjaga kepercayaan rakyat, dan bekerja keras. Baca berita lengkapnya di sini.

Dan mengapa komodo disebut-sebut sebagai kadal paling tangguh di dunia?

Karena mereka memiliki “jubah senjata” di bawah sisiknya. Saat jenis kadal lain hanya memiliki dua atau satu jenis pola atau bentuk osteoderma (simpanan tulang-tulang yang membentuk sisik, piringan atau struktur lain di kulit), komodo memiliki empat: rosette, platy, dendritic, dan vermiform. Akan tetapi, “jubah senjata” ini belum ada saat mereka masih bayi, sehingga bayi-bayi komodo sangat butuh perlindungan dari orangtuanya atau komodo senior lainnya. FYI, spesies langka ini akan memakan komodo muda—bahkan dewasa—saat persediaan makanan langka. Kesimpulan ini didapatkan oleh para peneliti Universitas Texas di Austin, Amerika Serikat. Baca laporan lengkapnya di sini.

podcast button