5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 2 Maret 2021

Morning Briefing 2 Maret 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hola! Semoga tetap semangat. Tetap pakai maskermu, jaga jarak di tempat publik, jauhi kerumunan, dan cuci tangan benar. Berikut lima berita baru terangkum dalam Morning Briefing 2 Maret 2021.

Perbedaan bantuan kuota belajar untuk guru, dosen, mahasiswa dan pelajar 2021.

Pemerintah resmi meluncurkan kembali bantuan kuota belajar untuk guru, dosen, mahasiswa dan pelajar pada Senin (1/3/2021) yang berlaku selama 3 bulan ke depan mulai Maret 2021. Untuk 2021 ini, ada sejumlah perbedaan kuota yakni: peserta didik PAUD 7 GB per bulan; peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 10 GB per bulan. Sementara pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12 GB; dan mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan. (Kompas)

Kasus COVID-19 di Indonesia bertambah 6.680 dalam 24 jam.

Kasus harian COVID-19 di dalam negeri bertambah 6.680 kemarin (1/3) sehingga total kasus positif mencapai 1.341.314. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Sementara itu, pasien sembuh bertambah 9.212 orang sehingga total kasus sembuh adalah 1.151.915 orang. Sementara itu kasus meninggal akibat COVID-19 bertambah 159 sehingga total korban jiwa menjadi 36.325 orang. Hingga kemarin, jumlah suspek mencapai 73.434 orang. (Medcom)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan varian.

Filipina mulai program vaksinasi kemarin untuk mengatasi wabah terburuk di Asia Tenggara tapi menghadapi tantangan dan tolakan dari publik. Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi divaksin kemarin dengan dosis pertama dari vaksin dalam negeri. Dan lebih dari 1.000 dosis vaksin Pfizer/BioNTech terbuang sia-sia di Jepang setelah terjadi kerusakan pada mesin penyimpan.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 22 Desember 2020

Varian COVID-19 dari Brazil disebut mirip dengan varian dari Afrika Selatan. Peneliti dari Sage mengatakan bahwa berbagai varian dari coronavirus akan muncul dalam beberapa bulan ke depan. Sementara itu sejumlah negara berencana untuk memberlakukan paspor vaksin, seperti Uni Eropa dan Inggris. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 114.223.289, dengan 2.533.129 kematian, dan 64.487.937 sembuh. (Telegraph)

Dua dakwaan baru untuk Aung San Suu Kyi.

Dakwaan tersebut adalah penyebaran informasi yang bisa "menyebabkan ketakutan atau kegelisahan", dan stipulasi lisensi yang berhubungan dengan telekomunikasi. Sebelumnya, Suu Kyi sudah diberikan dua dakwaan yakni, impor ilegal radio walkie-talkie dan pelanggaran protokol coronavirus. Suu kyi hadir dan mendengarkan dakwaan tersebut melalui video di sebuah pengadilan di Naypyidaw. Jadwal pengadilan selanjutnya adalah 15 Maret. Para pengkritik mengatakan dakwaan tersebut "mengada-ada". Sementara itu, pemrotes terus memadati jalan-jalan di kota utama Yangon dan berhadapan dengan gas air mata dan granat dari polisi. (Reuters)

Pemenang Golden Globes 2021.

Nomadland mendapatkan dua penghargaan bergengsi, yakni best motion picture drama award dan best director prize untuk Chloe Zhao. Dengan begini, Zhao merupakan sutradara perempuan kedua yang berhasil kategori (sebelumnya Barbra Streisand untuk film Yentl.) Seperti perkiraan, jasa streaming mendominasi dengan Netflix mendapatkan 5 penghargaan, Amazon 2 dan Hulu 1. Penghargaan ini diwarnai dengan kontroversi, di antaranya tidak ada satu pun dari 87 anggota HFPA yang berkulit hitam. (Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 2 Maret 2021, jangan lupa mengecek penjelasan lengkap diet karbo dari spesialis gizi.