5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 2 Maret 20202

Foto: www.canva.com

Hello, selamat pagi! Sekali lagi, untuk menghindari diri dari penyakit: cuci tanganmu dengan cara yang tepat sesering mungkin dan hindari menyentuh hidung atau wajah. Selain itu, selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita penting yang terangkum dalam Morning Briefing 2 Maret 2020.

Pesawat yang membawa 69 WNI kru Diamond Princess akan diberi disinfektan.

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan selain mengevakuasi, kendaraan yang ditumpangi warga negara Indonesia (WNI) kru Kapal Diamond Princess akan disterilisiasi. Terawan juga menyatakan bahwa 69 orang Indonesia tersebut akan diperiksa kembali meski sudah mendapat sertifikat sehat dari Jepang. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka dipilih menjadi tempat pendaratan pesawat tersebut karena rute penerbangan paling sedikit, luas, dan jumlah penumpangnya juga masih sedikit. Selama perjalanan menuju Pulau Sebaru Kecil, 69 orang tersebut akan diperiksa dengan teliti. Pesawat ini mendarat tadi malam dan tidak akan dipakai selama tiga hari karena proses sterilisasi. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Empat stasiun KA Jabodetabek akan disambungkan dengan MRT.

Empat stasiun tersebut adalah Stasiun Juanda, Stasiun Senen, Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang yang akan dibuatkan Transit Oriented Development (TOD) untuk menyambungkan jalur kedua moda transportasi tersebut. Rencana ini merupakan bagian dari program pemerintah menciptakan kawasan Integrasi Antar Moda di wilayah Daerah Khusus Ibukota. Di empat stasiun tersebut akan dilakukan penataan ulang berkaitan dengan area pedestrian, parkir, halte TransJakarta, hingga penempatan area ojek daring. Baca berita lengkapnya di Detik.

WHO: pasar dunia harus tenang dan merujuk kepada fakta dan realita atas coronavirus.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus minggu lalu di Riyadh. Pernyataan tersebut disampaikan setelah bursa saham dunia merosot tajam dan menjadi minggu terburuknya sejak krisis finansial pada 2008. Sejauh ini, Coronavirus telah menyebar ke lebih dari 60 negara dan membunuh setidaknya 2.943 orang. Lebih dari 85.000 terinfeksi. Akan tetapi meski data ini suram, Ghebreyesus mengatakan dunia perlu fokus pada fakta, bukan ketakutan atau panik—karena keduanya tidak membantu. Meski begitu, dirinya mengakui bahwa dunia harus bersiap-siap dengan kemungkinan level penyebaran virus ini dinaikkan menjadi pandemik. Baca berita lengkapnya di CNBC.

Akibat pemanasan global, musim panas di Australia dua kali lebih lama dibandingkan musim dingin.

Kesimpulan tersebut dilaporkan oleh The Australia Institute, yang membandingkan data dari dua dekade dengan pertengahan abad 20 sebagai patokan temperatur. Berdasarkan data tersebut, selama dua dekade belakangan, musim panas di mayoritas daerah Australia berlangsung satu bulan lebih lama dibandingkan setengah abad yang lalu. Sementara musim dingin menyusut menjadi tiga minggu. Selama lima tahun belakangan, musim panas Australia rata-rata 50% lebih lama dibandingkan pertengahan abada 20 berdasarkan pembacaan temperatur. Atas kesimpulan ini, ilmuwan memperingatkan bahwa temperatur yang meninggi dan angin panas akan membuat musim kebakaran lebih parah. Baca berita lengkapnya di New York Times.

Aktris Adèle Haenel walk out dari César Film Awards setelah Roman Polanski menang penghargaan sutradara terbaik.

“Bravo, pedofil,” teriak aktris yang baru saja tampil di film “Portrait of a Lady on Fire” itu di lobi teater Salle Pleyel, tempat acara “Oscar Prancis” tersebut diselenggarakan. Sutradara film yang sama, Celine Sciamma juga melakukan aksi protes yang sama. Pada November lalu, Haenal melaporkan sutradara, Christophe Ruggia, atas tuduhan pelecahan seksual ketika dia berusia 12 – 15 tahun. Sebagai informasi, Polanski ditangkap pada 1977 dan didakwa atas tuduhan pemerkosaan dan memberikan obat terlarang pada gadis berusia 13 tahun. Sutradara tersebut kemudian mengaku bersalah atas tuduhan hubungan seksual ilegal, dan menjalani hukuman 42 hari atau evaluasi psikiatrik atas anjuran pengadilan untuk menentukan hukumannya. Akan tetapi pada 1978 dia melarikan ke Paris dan sampai sekarang kasusnya masih menggantung. Sementara itu, para demonstran berkumpul di luar teater dan memprotes nominasi film Roman Polanski, “J’accuse‘ (“An Officer and a Spy“). Tidak hanya dinobatkan sebagai sutradara terbaik, Polanski juga memenangkan penghargaan adaptasi skenario terbaik bersama penulis lain, Robert Harris. Baca berita lengkapnya di The Wrap.

Usai membaca Morning Briefing 2 Maret 2020, ini pendapat seorang nutrisionis tentang daging kekinian, Impossible dan Beyond Meat.