5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 2 Agustus 2021

Morning Briefing 2 Agustus 2021
Foto: www.canva.com

Hari Senin datang, sudah siapkah kamu untuk beraktivitas lagi? Tetap terapkan protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuh dan mental. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 2 Agustus 2021.

Perpanjangan PPKM Level 4 masih menunggu keputusan presiden.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 akan berakhir hari ini, Senin, 2 Agustus 2021. Pihak Kementerian Dalam Negeri menyatakan masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait perpanjangannya. Beredar kabar, PPKM Level 4 di luar Pulau Jawa dan Bali akan diperpanjang hingga 9 Agustus 2021 karena kasus jumlah COVID-19 di sana masih belum terkendali. (Liputan6)

Varian Delta hampir merata di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi melaporkan varian Delta telah menyebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian spesimen. Yakni, sekitar 86 persen spesimen yang berasal dari 24 provinsi.

Untuk menekan penyebaran COVID-19, pemerintah melakukan penguatan testing dan tracing terutama di pemukiman padat penduduk. Yakni, berkomitmen meningkatkan volume testing dari sekitar 300 ribu menjadi 500 ribu testing per hari. (Tempo)

Update COVID-19 global: Harga vaksin, dan lockdown.

Beijing meningkatkan pengetatan dalam rangka mencegah coronavirus menyebar setelah terjadi lonjakan kasus. Di antaranya melarang penerbangan, kereta api dan bus dari wilayah-wilayah dengan kasus yang meningkat. Sementara itu, Thailand akan menerapkan semi lockdown di wilayah dengan kasus tinggi, termasuk Bangkok dan sekitarnya, hingga 31 Agustus.

Dan di Vietnam, pemerintah memperpanjang aturan tinggal-di-rumah di wilayah-wilayah selatan, termasuk Ho Chi Minh City, selama dua minggu. Sementara itu, Sydney, Australia, melaporkan rekor kasus harian baru. Seluruh kota akan berada dalam status lockdown hingga 28 Agustus.

Di sisi lain, Pfizer dan Moderna dikabarkan menaikkan harga vaksin COVID-19 mereka di kontrak terakhir dengan Uni Eropa. Kenaikan harga ini terjadi di saat blok tersebut sedang mengalami kesulitan persediaan dan kekhawatiran akan efek samping dari vaksin lain.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 198.060.664, dengan 4.220.776 kematian dan sebanyak 4.109.696.221 dosis vaksin sudah diberikan. (Bloomberg)

Pemimpin militer Myanmar jadi perdana menteri.

Enam bulan setelah militer mengambil alih kekuasaan, pemimpinnya, Min Aung Hlaing, menjadi perdana menteri dari pemerintahan sementara yang baru terpilih. Dalam pidatonya pada hari Minggu, Min Aung Hlaing berkali-kali berjanji akan mengadakan pemilu paling lambat 2023. Dia juga mengatakan administrasinya siap bekerja sama dengan ASEAN. (Reuters)

Viewer untuk Telegram video call bisa hingga 1.000 orang.

Setelah meluncurkan panggilan video grup bulan lalu, fitur Telegram ini sekarang bisa mengikutsertakan hingga 1.000 viewers. Meski memang jumlah maksimal orang yang bisa berpartisipasi dan melakukan siaran tetap 30, tapi penontonnya bisa lebih dari itu.

Selain itu, pesan video juga hadir dalam resolusi lebh tinggi, dan bisa diperbesar. Tidak hanya itu, ada juga screen sharing untuk panggilan video one-on-one dan opsi bisa menghapus pesan secara otomatis setelah satu bulan. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 2 Agustus 2021, jangan lupa mengecek apakah manfaat melakukan kardio di malam hari.