5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—19 September 2019

Foto: www.canva.com

It’s Thursday! Satu hari lagi menuju akhir pekan! Semangat, ya. Dan berikut lima hal yang harus kamu tahu hari ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dan menyerahkan nasibnya di kabinet kepada Presiden Joko Widodo. Sejauh ini, Imam mengaku belum membicarakan perihal statusnya kepada presiden. Sebelumnya diberitakan bahwa KPK menetapkan Imam dan asisten pribadinya, Miftahul Ulum, sebagai tersangka dalam kasus dana hibah Kemenpora kepada KONI pada Tahun Anggaran 2018 karena diduga menerima suap senilai Rp 26.500.000.000. Baca berita lengkapnya di sini.

Film nasional, Kucumbu Tubuh Indahku, terpilih untuk mewakili Indonesia dalam fase seleksi untuk Oscar 2020 untuk nominasi kategori Best Foreign Language. Film yang disutradarai Garin Nugroho tersebut dianggap “tidak biasa” dan “memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia” serta “memiliki pesan yang kuat,” jelas Christine Hakim, ketua Komite Seleksi Film Indonesia. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Hong Kong tidak akan “tunduk” terhadap tuntutan lain para demonstran. Hal tersebut disampaikan oleh seorang penasihat utama dari Carrie Lam. Pimpinan Dewan Eksekutif Hong Kong, Bernard Chan, mengatakan bahwa lima tuntutan yang diajukan oleh para pengunjuk rasa “tidak hanya akan berjumlah lima” tapi lebih dari itu, terutama tentang isu-isu sosial lainnya yang dihadapi Hong Kong. Pernyataan ini tercetus setelah akhir pekan lalu protes berakhir rusuh. Baca berita lengkapnya di sini.

Facebook memutuskan untuk membentuk sebuah dewan baru yang memiiki wewenang untuk memutuskan konten mana yang bisa muncul di berbagai platform yang dimilikinya. Dewan ini diberi nama Oversight Board, beranggotakan 40 orang dan selanjutnya yang akan menentukan video, foto, postingan mana yang tidak layak masuk ke dalam Facebook atau Instagram. Meski belum jelas siapa yang akan ditunjuk untuk menjadi anggota dewan ini dan bagaimana cara kerjanya, Facebook berjanji akan memilih kandidat-kandidat dewan tersebut dari luar jalur normal Facebook. Baca beritanya di sini.

Taylor Swift akhirnya angkat bicara! Yep, terutama tentang perseteruannya dengan Kanye West, bermula dari malam bersejarah di atas panggung MTV Music Awards 2009 dan diperparah dengan perilisan lagu “Famous” di tahun 2016, yang di dalamnya terdapat lirik “I feel like me and Taylor might still have sex/ Why? I made that bitch famous.” Di dalam wawancara terbarunya dengan majalah Rolling Stones, Taylor mengungkapkan setelah peristiwa MTV tersebut, dia dan Kanye berusaha “rujuk kembali” pada tahun 2015, dan dia mengharapkan bisa mendapatkan respek dan pengakuan dari Kanye. Akan tetapi, bukan kedua hal tersebut yang didapatkan melainkan rasa malu dan pengkhianatan. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button