5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 19 November 2021

Morning Briefing 19 November 2021
Foto: www.canva.com

T.G.I.F! Jika beberapa hari ini membuatmu sesak napas, mungkin ini saat yang tepat untuk melakukan self-care dan menenangkan diri di rumah. Berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 19 November 2021.

Zona hijau bertambah menjadi 34 daerah.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat terjadi penambahan pada daerah yang masuk kategori zona hijau atau wilayah yang tidak mengalami penambahan kasus di Indonesia.
Jumlah zona hijau bertambah dari pekan lalu yang hanya mencatat 19 daerah, yang mayoritas berasal dari Pulau Sumatera. (CNN Indonesia)

Gerhana bulan sebagian terlama abad ini terjadinya hari ini.

Permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%, sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit. Gerhana Bulan Sebagian kali ini paling lama terlihat di wilayah paling timur Indonesia, yakni Papua. Sementara bagian Barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana bulan Sebagian. (Liputan6)

Filipina meminta China untuk "mundur" di Laut China Selatan.

Filipina mengutuk dengan keras aksi tiga perusahaan penjaga pantai sehingga memblokir dan menggunakan meriam air pada kapal pemasok yang menuju pulau karang miliknya di Laut China Selatan. Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin mengatakan tidak ada korban tapi pengiriman pasokan untuk personel angkatan laut dibatalkan. (Reuters)

Sebanyak 10 imigran mati lemas di sebuah kapal yang kelebihan penumpang.

Menurut Doctors Without Borders (MSF) 10 orang ditemukan tewas di dek bagian bawah di sebuah kapal di sekitar perairan Libya. Para penyintas menyampaikan mereka yang. meninggal akibat mati lemas setelah 13 jam berada di kapal sempit yang mengeluarkan bau bahan bakar yang tajam. Menurut informasi, kapal tersebut mengangkut lebih 100 pencari suaka yang sedang berusaha ke Eropa. (The Guardian)

Edisi reuni Harry Potter tanpa JK Rowling.

Bintang Harry Potter akan mengadakan tayangan TV reuni untuk merayakan 20 tahun film tersebut, tapi sepertinya penulisnya, JK Rowling, tidak ikut serta. WarnerMedia, pemilik HBO Max, menolak memberikan keterangan mengenai absennya Rowling. Acara berjudul Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts ini akan dirilis pada 1 Januari 2022 di HBO Max. (The Times)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 19 November 2021, cek perbedaan tenderloin dan sirloin dan mana yang lebih bernutrisi.