5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 19 Februari 2020

Morning Briefing 19 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Apa tipe huruf ketik favoritmu? Ada satu typeface baru yang mungkin bisa menjadi pilihan terbarumu dan membuatmu semangat bekerja, yakni One Night Sans. Yep, tipe huruf ini diluncurkan oleh Durex. Penasaran bentuknya seperti apa? Yang pasti warnanya biru. Anyway, selamat menikmati hari Rabu ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 19 Februari 2020.

Belum ada finalisasi terkait RUU Cipta Kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Menurutnya, RUU tersebut masih akan terus dibahas di DPR dan semua pihak diberikan kesempatan untuk mengajukan usulan. Masukan tersebut bisa terkait koreksi atas kekeliruan pada draf atau karena tidak setuju dengan aturan yang terdapat di dalamnya. Mahfud juga mengatakan bahwa nantinya akan diadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dan pembuatan daftar inventarisasi masalah (DIM) yang dibuat masing-masing fraksi. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Tarif bawah baru ojek daring direncanakan mencapai Rp 2.500 per kilometer.

Dari usulan biaya tarif baru, yang terbesar kemungkinan akan diterapkan di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Kepulauan Ria, dengan besaran tarif Rp 4.500 untuk perjalanan sejauh 2 km. Usul tarif dengan hitungan per 2 kilometer ini diajukan oleh Maxim, aplikator ojek daring asal Rusia. Dalam usulan ini, tarif baru akan dihitung berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR); bukan menggunakan aturan zonasi seperti yang dilakukan saat ini. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih sedang menggodok kenaikan baru tarif ojek. Baca berita lengkapnya di Detik.

Presiden Afganistan Ashraf Ghani resmi menjadi pemenang pemilu.

Setelah menunggu lima bulan, Komisi Pemilu Independen negara tersebut akhirnya mengumumkan bahwa Ghani menjadi presiden untuk periode kedua. Ghani berhasil mengumpulkan 50,64 persen suara, jumlah yang membuatnya tidak perlu mengikuti putaran kedua. Sementara, saingan beratnya, Abdullah Abdullah, ketua DPR Afganistan, hanya berhasil mendapatkan 39,52 persen. Meski Ghani mendapatkan lebih dari 50 persen, hanya 1,9 juta orang yang ikut serta dalam Pemilu tahun ini (dari 9 juta warga Afgan yang terdaftar). Sebelum keputusan pemenang ini diumumkan, Pemilu ini diwarnai dengan isu kecurangan dan kesalahan mekanisme. Baca berita lengkapnya di The Washington Post.

HSBC akan merumahkan lebih dari 35.000 karyawan dalam tiga tahun ke depan.

Pemutusan hubungan kerja ini dilakukan seiring semakin menurunnya jumlah keuntungan yang didapat oleh bank tersebut. Pendapatan bank ini selama 2019 sebelum dipotong pajak mengalami penurunan 33% yakni hanya sebesar $13.3 miliar, jauh di bawah prediksi analisa ahli keuangan. Noel Quinn, CEO Interim HSBC mengonfirmasi bahwa rencana memotong biaya pengeluaran sebesar $4.5 miliar mengakibatkan pengurangan karyawan sebanyak 15% di seluruh dunia. Selain mengurangi biaya operasional, HSBC juga berencana untuk melepaskan aset senilai $100 miliar pada akhir 2022. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Tokyo Marathon melarang hampir 40.000 orang ikut berpartisipasi.

Oleh karena wabah coronavirus, Tokyo Marathon hanya terbuka untuk 176 pelari elit dan 36 pelari kursi roda. Ini berarti 38.000 orang yang terdaftar sebagai peserta umum tidak diijinkan untuk mengikuti acara pra-Olimpiade ini. Maraton terbesar di Asia ini akan diselenggarakan pada 1 Maret dengan titik awal di Shinjuku dan berakhir di Tokyo Station. Berkaitan dengan coronavirus, pemerintah Jepang mengonfirmasi satu orang meninggal Kamis lalu dan pada Senin mengumumkan lebih dari 500 orang terinfeksi virus ini. Jumlah ini termasuk 454 penumpang yang dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess. Dengan Olimpiade Musim Panas 2020 tinggal beberapa bulan lagi, sejumlah pihak mengkhawatirkan nasib kelanjutan acara akbar tersebut. Meski begitu, panitia Olimpiade mengatakan tidak ada rencana untuk membatalkannya. Baca berita lengkapnya di Japan Today.

Sudah selesai menikmati Morning Briefing 19 Februari 2020? Pastikan definisi ‘makan sehat’ yang kamu tahu tepat dengan membaca penjelasan ahli gizi ini.