5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 19 Agustus 2020

Morning Briefing 19 Agustus 2020
Foto: www.rawpixel.com

Oh, yeah! Lagi-lagi akhir pekan super panjang! Jika memungkinkan tetap di rumah, dan pakai masker dan jaga jarak saat berada di ruang publik. Semoga ada hal terbaik yang terjadi padamu hari ini, dan berikut lima berita baru yang terangkum dalam Morning Briefing 19 Agustus 2020.

SKB 3 Menteri: Jumat 21 Agustus 2020 cuti bersama.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 391 Tahun 2020, tanggal 21 Agustus ditutupkan sebagai cuti bersama. Tambahan cuti ini merupakan perpanjangan dari hari libur nasional Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Agustus. Revisi SKB ini juga memuat penambahan dan pergeseran cuti bersama akibat pandemi COVID-19. Selain cuti Tahun Baru Islam, pemerintah juga menetapkan tambahan cuti pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yakni pada 28 dan 30 Oktober 2020. (CNN Indonesia)

Aplikasi integrasi Gojek untuk seluruh Asia Tenggara.

Gojek mengintegrasikan aplikasinya dan menggunakan satu merek untuk semua pasar di Asia Tenggara, yakni Gojek. Jika sebelumnya di Vietnam menggunakan nama GoViet dan di Thailand dengan GET, maka sekarang semuanya menggunakan merek “Gojek”. ini artinya, misalnya pengguna di Indonesia, bisa mengakses Gojek di Vietnam melalui aplikasi Gojek yang sudah mereka miliki. Perusahaan ini melaporkan bahwa GoViet termasuk dalam daftar “100 produk paling bisa diandalkan” oleh Vietnam Economic Times. Menurut Lembaga Demografi FEB UI, kontribusi Gojek terhadap ekonomi Indonesia tahun lalu mencapai Rp104.6 triliun, atau sekitar 1 persen GDP. (The Jakarta Globe)

Update COVID-19 global: Orang muda menjadi penyebar virus dan Seoul tutup gereja dan klub malam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa orang muda (usia 20an dan 30an) merupakan salah satu penyebab semakin tingginya jumlah kasus coronavirus, dan banyak yang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi virus ini. Sementara dari Korea Selatan dikabarkan bahwa gereja dan klub malam di area sekitar Seoul ditutup setelah muncul lebih dari 400 kasus yang berasal dari klaster Sarang Jeil Church.

Dari New Zealand dilaporkan bahwa pemerintah setempat menolak asumsi bahwa wabah terbaru yang melanda negara tersebut berasal dari impor makanan beku. Selama satu minggu belakangan ini, ahli kesehatan di sana memang sedang mencari tahu asal klaster infeksi baru setelah 102 tanpa transmisi lokal. Dan berkat pandemik, jumlah kasus flu berkurang di Afrika Selatan. Menurut National Institute for Communicable Diseases negara tersebut, biasanya terdapat lebih dari 1.000 kasus flu periode April dan Agustus, tapi sejauhnya ini hanya tercatat satu kasus flu. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 21.927.114, dengan 775.000 kematian, dan 13.917.917 kesembuhan. (Washington Post)

Taiwan memiliki sistem persenjataan misil baru.

Di tengah ketegangan dengan China, Taiwan mengumumkan ke dunia internasional tentang sistem peluru terbarunya. Sistem yang dinamakan Tianlei 500 ini, yang diterjemahkan sebagai Sky Thunder, adalah dispenser amunisi berpemandu seberat 500kg, yang bisa membawa enam jenis peledak dan menyerang target yang berbeda. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berkali-kali menekankan tentang kedaulatan Taiwan sejak terpilih kembali awal tahun ini. Dan di pidatonya minggu lalu mengumumkan akan meningkatkan anggaran belanja senjata untuk memperbaiki kemampuan mereka mencegah invasi tanah. Pidato ini mendapat kritik dari Beijing. (The Guardian)

Penayangan ulang Harry Potter laris manis di China.

Bioskop dibuka lagi di China dan perilisan ulang Harry Potter And The Sorcerer’s Stone sukses besar. Menurut konsultan box office lokal, Artisan Gateway, penayangan versi 3D ini berhasil mengumpulkan $21,9 juta selama akhir pekan. Ini merupakan performa terbaik sejak bioskop dibuka kembali. Di posisi kedua, film Bad Boys for Life, diikuti dengan The Eight Hundred, dan Interstellar (dirilis kembali). Sebagai informasi, ini adalah minggu keempat China kembali dibuka setelah lockdown diberlakukan pada Januari. Dan meski sudah dibuka untuk umum, pihak bioskop masih membatasi penayangan film dan memberlakukan social distancing. (The Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Usai menikmati Morning Briefing 19 Agustus 2020, pastikan mengetahui apa yang sebaiknya tidak diposting di media sosial.

podcast button