5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

#TGIF! Cuma itu pendahuluan morning briefing hari ini. Dan berikut lima hal yang harus kamu tahu hari ini.

Kabar gembira: kenaikan UMP terjadi di 34 provinsi.

Yeaaay! Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah memutuskan untuk menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 sebesar 8,51%. Menurut perkiraan Detik.com, provinsi dengan UMP tertinggi adalah Jakarta dengan Rp4.276.349 dan diikuti dengan Papua sebesar 3.516.700. Baca berita lengkapnya di sini.

Ingin menjadi PNS? Pemerintah baru saja mengeluarkan jadwal penerimaannya.

Menurut jadwal resmi, proses rekrutmen PNS akan berlangsung dari akhir Oktober 2019 ini sampai April 2020. Adapun alokasinya, pemerintah menetapkan jumlah 197.111 formasi yang terbagi pada instansi pusat dan daerah. Pembukaan pendaftaran daring sendiri akan dimulai bulan depan, dan pengumuman lulus seleksi akan dilakukan pada Desember 2019. Masih bermimpi menjadi PNS? Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, pertemuan Korea Selatan dan Korea Utara di lapangan hijau bagai perang.

Jika pertandingan Indonesia vs Vietnam bikin sedih, maka pertemuan dua negara di atas membuat merinding. Manager tim Korea Selatan, manager, Choi Young-il, mengatakan bahwa para pemain dari Utara bermain seperti “sedang perang”. Pihaknya akan mendiskusikan apakah akan melayangkan keluhan kepada Fifa atas kegagalan Korut mengakomodasi timnya dan fakta bahwa media tidak boleh meliput pertandingan tersebut (media blackout). Oh, pertemuan ini juga tidak ada penontonnya. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia tersebut diadakan di Pyongyang, berakhir dengan skor 0-0. Baca beritanya di sini.

Di sisi lain, Dior baru saja meminta maaf.

Tidak hanya Versace dan Coach, merek mewah itu menjadi satu brand lagi yang harus meminta maaf kepada masyarakat Cina. Permintaan maaf ini dirilis setelah salah seorang karyawannya menggunakan peta Cina tanpa Taiwan di sebuah acara rekrutmen universitas. Pernyataan permintaan maaf yang ditulis dengan hati-hati itu intinya menyatakan bahwa Dior menghormati prinsip kesatuan dan kedaulatan Cina. Belakangan ini, merek-merek yang gagal memasukkan Taiwan—yang memiliki pemerintahan demokratik sendiri—di dalam peta atau tidak menyantumkannya sebagai bagian dari Cina, terancam dikucilkan oleh negara dengan perekonomian terbesar kedua tersebut. Baca beritanya di sini.

Bocoran dari Netflix: produk original terlarisnya!

Di antaranya adalah Murder Mystery (dibintangi oleh Adam Sandler dan Jennifer Aniston), Stranger Things yang dikabarkan merupakan acara TV tersukses mereka. Menurut data Netflix, serial misteri tersebut ditonton oleh 64 juta rumah pada empat minggu pertama perilisannya. Sementara itu, Unbelievable (LIMONE sudah menontonnya, dan sangat kami rekomendasikan), ditonton oleh 32 juta rumah di 28 hari pertamanya. FYI, satu view dihitung ketika seorang pengguna sudah men-streaming minimal 70% dari film tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.