5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 November 2019

Foto: www.canva.com

Hola, teman! Apa kabar kamu hari ini? Saat kamu masih tertidur atau memutuskan detoks media sosial sepanjang akhir pekan atau terlalu sibuk mencari sofa baru, berikut lima hal yang sudah dan sedang menjadi bahan pembicaraan di dunia.

Tagar #TangkapSukmawati menjadi trending topic di Twitter kemarin.

Hal ini menyusul setelah Sukmawati dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh warga bernama Ratih Puspa Nusanti yang merupakan salah anggota Koordinator Bela Islam (Korlabi) karena diduga melakukan penistaan agama dengan menista Nabi Muhammad SAW. Di dalam sebuah video yang beredar di media sosial dan YouTube, Mutiara Sukmawati Soekarnoputri membandingkan Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW. Sukmawati disangkakan dengan Pasal 156a KUHP. Putri Presiden Soekarno tersebut membantah berniat menistakan agama dan mengatakan, ucapannya yang membandingkan Muhammad dengan ayahnya itu dalam konteks perjuangan kemerdekaan Indonesia. Baca berita lengkapnya di sini.

Terjadi letusan di Gunung Merapi.

Letusan dengan tinggi kurang lebih 1000 meter ini terjadi Minggu kemarin dan pihak petugas pengamatan gung tersebut membenarkan hal tersebut. Sampai sekarang, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi di level II atau Waspada. BPPTKG Yogyakarta masih merekomendasikan agar tidak ada aktivitas manusia di area radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Hong Kong dilaporkan bentrok antara aparat dan para demonstran bertambah sengit.

Konfrontasi antara demonstran kembali berlangsung Minggu pagi ketika para pemprotes terlihat melemparkan batu ke arah residen yang berusaha memblokir jalan. Polisi menyiram gas air mata kepada demonstran yang membalas dengan panah dan batu dari kampus yang dibarikade. Ketidakstabilan politik semakin mengkhawatirkan selama seminggu belakangan apalagi dengan aksi para demonstran anti pemerintah yang memblok jalan raya dan transportasi sehingga hampir melumpuhkan separuh kota. Kondisi semakin tidak stabil setelah presiden Cina, Xi Jinping, menyampaikan pernyataan publik pertamanya tentang krisis ini Kamis lalu. Baca berita lengkapnya di sini.

Google berencana untuk memberikan lencana…

… Untuk situs yang slow-loading. Ini adalah sebuah eksperimen baru untuk mengidentifikasikan situs-situs yang selama ini loading lambat dan memberikan mereka badge of shame. Sebaliknya, situs-situs dengan loading cepat juga akan mendapatkan lencana prestasi. Eksperimen ini diharapkan bisa memberikan hasil dan kesimpulan tentang situs-situs mana yang menguntungkan para pengguna Google Chrome. Baca berita lengkapnya di sini.

Taylor Swift meminta pertolongan penggemarnya untuk menekan mantan bos label dan manajernya.

Dalam sebuah unggahan emosional di media sosialnya (termasuk Tumblr) , Taylor mengklaim bahwa dua nama yakni, Scott Borchetta dan Scooter Braun, menghalanginya membawakan medley lagu-lagu lamanya di American Music Awards. “Mereka mengklaim bahwa musik saya harus direkam ulang sebelum boleh dibawakan kembali oleh saya,” tulisnya. Dia juga menyampaikan dua nama besar tersebut melarang Netflix menggunakan musik lamanya dan adegan konser untuk sebuah film dokumenter yang akan tayang. Hari Jumat kemarin, Big Machine Label mengeluarkan pernyataan bahwa mereka terkejut atas postingan tersebut dan berargumen bahwa Taylor berutang jutaan dalam bentuk uang tunai dan aset. Taylor akan menerima penghargaan Artist of The Decade di ajang penghargaan tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button