5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 18 Mei 2021

Morning Briefing 18 Mei 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hi! Salah satu berita terbesar hari ini adalah Gojek dan Tokopedia bersatu dan menjadi GoTo. Semoga hari ini pun ada berita besar yang kamu terima. Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 18 Mei 2021.

Gojek dan Tokopedia resmi merger jadi GoTo.

Pengumuman merger tersebut diberitakan kemarin, Senin (17/5). Pembentukan Grup GoTo ini diklaim sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini. Grup GoTo berniat menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia dan melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga. (CNN Indonesia)

Koneksi internet masih mati di Papua.

Koneksi internet di Papua, khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta sekitarnya, mati total sejak Sabtu, 1 Mei 2021. Saat ini aktivitas komunikasi masyarakat hanya dapat dilakukan melalui layanan pesan pendek (SMS) dan sambungan telepon, radio Single Side Band (SSB), serta Handy Talky (HT).

General Manager Network Operation & Quality Management Telkomsel Maluku & Papua, Adi Wibowo, mengonfirmasi matinya koneksi internet di Papua, khususnya Kota dan Kabupaten Jayapura, karena perbaikan kabel optik bawah laut. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi berlangsung bertahap dan memastikan pemulihan sepenuhnya pada Juni mendatang. (Tempo)

Serangan udara kembali menghantam jalur Gaza.

Gempuran serangan Israel yang terjadi pada Senin pagi tersebut mengguncang kota Gaza mulai dari utara hingga selatan selama 10 menit dan lebih intens dibandingkan serangan 24 jam sebelumnya yang membunuh 24 warga Palestina. Perusahaan energi mengatakan bahwa serangan tersebut merusak jaringan listrik dari satu-satunya sumber energi di bagian selatan Gaza. Belum ada laporan tentang korban jiwa. (The Guardian)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 29 Januari 2021

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

Hong Kong akan mengatakan ketentuan karantina untuk warga yang datang dari Taiwan dan melarang masuk non-residen dari sana. Selain itu, pemerintah negara ini juga menunda rencana bebas karantina dengan Singapura, yang mengalami lonjakan kasus baru tanpa asal yang jelas.

Setidaknya tujuh negara bagian di India telah mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk berlindung di area yang lebih tinggi karena topan Tauktae. Pejabat setempat mengatakan bahwa telah memindahkan sejumlah pasien COVID-19 dari area yang akan terkena.

Sanofi dan GlaxoSmithKline akan melanjutkan pengembangan vaksinnya ke uji coba terakhir setelah suntikannya terbukti memicu respons imun kuat pada uji coba tahap pertengahan. Dan di Inggris, mulai kemarin pemerintah memperbolehkan outdoor gatherings hingga 30 orang. Selain itu, dan hotel mulai terbuka untuk inap satu malam dan tidak perlu karantina bagi pendatang dari negara tertentu.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 163.151.673, dengan 3.381.168 kematian dan sebanyak 1.475.324.205 vaksin sudah diberikan. (New York Times)

Clubhouse Android akan dirilis di seluruh dunia minggu.

Aplikasi media sosial suara, Clubhouse, mengatakan bahwa Minggu (16/5) bahwa versi Androidnya akan dirilis di seluruh dunia minggu ini. Di Jepang, Brasil, Rusia pada Selasa; Nigeria dan India tiga hari kemudian, dan negara lain pada Jumat sore. Aplikasi ini mulai membangun versi Android pada awal tahun ini dan menguji coba versi beta secara eksternal bulan ini. (TechCrunch)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 18 Mei 2021, jangan lupa mengecek tentang pemberian penyedap rasa ke dalam MPASI.