5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 Mei 2020

Morning Briefing 18 Mei 2020
Foto: www.unsplash.com

Hello, kamu! Iya, kamu yang baru saja bangun dari tidur. Selamat hari Senin, dan 6 hari lagi Lebaran! Jika memungkinkan tetaplah di rumah, dan jangan lupa cuci tangan dengan benar, dan pakai masker kain yang bersih saat keluar rumah. Anyways, berikut ini lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 18 Mei 2020.

ITB mengembangkan mobile disinfektan untuk rumah sakit.

Pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan disinfektan tersebut menggunakan sinar UV Tipe-C yang berfungsi mensterilisasi ruangan rumah sakit dari droplet atau micro-droplet yang mengandung COVID-19. Tidak hanya bisa melemahkan virus, alat ini juga dapat mematikan virus dengan merusak DNA-nya menggunakan paparan sinar UV. Menurut pihak ITB, energi radiasi UV yang terpancarkan dari alat ini dua kali lebih besar dari cahaya matahari, sehingga tidak perlu dipancarkan terlalu lama. Alat tersebut dilengkapi sistem telecontroller sehingga bisa dioperasikan secara jarak jauh menggunakan laptop atau handphone. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Impor diyakini akan menstabilkan harga gula.

Bulog optimis impor gula akan menstabilkan harga bahan pokok tersebut di pasaran. Saat ini, harga gula mencapai Rp 18.000 per kilogram. Dan dengan impor gula ini, ditargetkan harganya bisa kembali sesuai harga eceran tertinggi, yaitu Rp 12.500 per kilogram di seluruh Indonesia. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan Bulog akan berusaha untuk menggelontorkan stok gula hingga 3.000 ton hinggal Lebaran. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Update COVID-19 global: Qatar mewajibkan memakai masker dan peringatan WHO tentang menyemprotkan disinfektan.

Per hari Minggu (17/5), pemerintah Qatar mulai memberlakukan penalti terberat bagi yang tidak memakai masker di area publik. Yakni, hukuman tiga tahun penjara. Dari Korea Selatan dilaporkan lima kasus domestik baru, semuanya berhubungan dengan peristiwa klub malam minggu lalu. Ini adalah jumlah terendah sejak wabah ini merebak di negara tersebut. Dan China melaporkan lima kasus baru, saat Shanghai mengumumkan akan membuka kembali TK dan SD (sampai kelas 3) pada 2 Juni. Sementara dari New York dilaporkan bahwa kasus baru sebagian besar berasal dari orang-orang yang berbelanja, berolahraga dan bersosialisasi. Bukan dari pekerja esensial. Data memperlihatkan kasus baru di sana berada di angka 2.100 dan 2.500 per hari. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa menyemprot jalanan dengan disinfektan bisa membahayakan kesehatan. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global per Minggu (17/5) malam adalah 4.664.486, dengan 312.327 meninggal dan 1.708.969 sembuh. Baca berita lengkapnya di South China Morning Post.

Duta besar China untuk Israel ditemukan meninggal.

Du Wei (57 tahun), yang menjadi duta besar untuk Israel pada Februari, ditemukan meninggal di rumahnya pada Minggu di kota Herzliya. Juru bicara pemerintah Israel mengatakan bahwa polisi menyelidiki kasus ini sebagai kasus meninggal wajar. Belum diketahui penyebab jelas kematiannya, tapi kemungkinan besar dikarenakan serangan jantung saat tidur. Oleh karena restriksi COVID-19, Du diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri selama dua minggu saat tiba pertama kalinya di Israel. Sebelumnya, duta besar ini menyampaikan secara publik bahwa China telah dijadikan kambing hitam atas responnya terhadap coronavirus. Baca berita lengkapnya di Newsweek.

Facebook membeli Giphy.

Dilaporkan Facebook membeli Giphy dengan harga $400 juta, dan berencana untuk mengintegrasikan GIF ke Instagram dan aplikasi Facebook lainnya. Dengan kepemilikan baru ini, Giphy akan menjadi bagian dari tim Instagram, dan bertujuan untuk mempermudah mengirim GIF dan stiker dari Instagram. Pihak Instagram mengatakan bahwa khalayak umum tetap bisa mengunduh GIF. Sebagai informasi, Giphy merupakan salah situs GIF terbesar di internet, dan dipakai oleh banyak aplikasi lain seperti Twitter, Pinterest, Slack, Reddit. Meski aplikasi lain masih bisa mengandalkan Giphy, tetapi diperkirakan akan muncul ketegangan antara Facebook dengan media sosial lain. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 18 Mei 2020, pastikan mengurangi satu kata ini saat berbicara dengan pasangan.

podcast button