5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 Maret 2020

Morning Briefing 18 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hi, kamu! Di mana pun kamu berada, tetap jaga kesehatan dan jaga jarak dari orang-orang yang sepertinya sakit. Ohya, membatasi membaca media sosial dan berita merupakan salah satu cara mengurangi rasa cemas di saat sulit seperti sekarang ini. Anyway, selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 18 Maret 2020.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan karantina wilayah atau lockdown merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Tito juga menegaskan bahwa lockdown bukan kewenangan daerah, dan jika ada pemerintah daerah yang ingin melakukannya harus melalui konsultasi dengan gugus tugas percepatan penanganan virus corona yang dikepalai oleh Kepala BNPB Doni Monardo. Pasalnya, lockdown harus mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial dan pembatasan wilayah yang menjadi kewenangan pusat. Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi Indonesia bisa terkena krisis ekonomi apabila Jakarta diisolasi. Baca berita lengkapnya di Detik.

Pasien COVID-19 bertambah di Indonesia.

Juru bicara pemerintah khusus COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan jumlah pasien meninggal dunia akibat virus ini bertambah menjadi tujuh orang (kemarin lima orang). Salah satu pasien yang meninggal berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Pemerintah sebelumnya mengumumkan jumlah pasien positif COVID-19 bertambah sebanyak 172 orang. Sejak tanggal 15 Maret hingga 17 Maret, ada kenaikan sebanyak 38 kasus baru. Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah mengumumkan seorang pasien positif corona yang meninggal. Pasien tersebut adalah warga Semarang berjenis kelamin pria usia 43 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Karyadi Semarang selama 10 hari. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Tujuh dari 10 orang Jepang tidak yakin Olimpiade akan berlangsung sesuai jadwal.

Hasil tersebut didapatkan dari survei yang diadakan oleh Kyodo News yang dirilis pada Senin (16/3). Meski begitu, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan bahwa Tokyo Games akan berlangsung seperti yang sudah dijadwalkan dan dirinya tidak memiliki rencana untuk mendeklarasikan kondisi gawat darurat. Tanda tanya tentang keberlangsung Olimpiade ini sudah berlangsung beberapa bulan, dan keraguan semakin menguat menyusul Kozo Tashima, seorang wakil ketua Panitia Olimpiade Jepang dan ketua Asosiasi Sepakbola Jepang, positif terinfeksi COVID-19. Sebelumnya, Tashima melakukan perjalanan bisnis ke Belfast, Amsterdam dan Amerika Serikat. Sejauh ini, terdapat 1.500 kasus infeksi coronavirus di Jepang. Baca berita lengkapnya di Washington Post.

Jumlah perempuan yang mengalami female genital mutilation (FGM) bisa jadi lebih besar dibandingkan estimasi.

Sebelumnya, PBB mengestimasi bahwa 200 juta wanita dan perempuan muda telah mengalami FGM. Akan tetapi angka ini hanya berasal dari 31 negara (27 di antaranya di Afrika). Sementara sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh peneliti dari Equality Now, End FGM European Network dan US End FGM/C Network menemukan ratusan ribu kasus lain. Kasus ini berasal dari 92 negara di Asia, Timur Tengah, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Latin. Dengan penemuan baru ini, tiga organisasi tersebut meminta para pemerintah untuk melakukan survei nasional untuk mendapatkan angka yang lebih akurat. FGM merupakan tindakan mutalasi sebagian atau seluruh bagian genital luar perempuan untuk alasan non-medis. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Anak-anak yang memiliki autisme dan isu sensor bisa membeli sepatu Vans yang dibuat khusus untuk mereka.

Sebagai bagian dari Autism Awareness Collection, delapan pasang sepatu ini dikembangkan dengan fokus untuk menenangkan indera melalui suara, sentuhan dan penampakan. Dan karena anak dengan autisme biasanya memiliki kesulitan dalam mengikat tali sepatu, koleksi Vans terbaru ini hadir dengan model slip-on. Perusahaan penghasil Vans berikrar akan mendonasikan minimal $100.000 dari penjualan sepatu kepada A.Skate Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mengajarkan skateboard pada anak-anak dengan autisme. Baca berita lengkapnya di Good News Network.

Selesai membaca Morning Briefing 18 Maret 2020, pastikan juga mengetahui tanda-tanda jika kamu sudah terlalu lelah untuk berolahraga.

podcast button