5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 18 Februari 2021

Morning Briefing 18 Februari 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hi! Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak di tempat publik, jauhi kerumunan, dan jangan lupa cuci tangan dengan baik dan teratur. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 18 Februari 2021.

Hasil rapid test antigen dilaporkan per hari.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berjanji memberikan data lengkap terkait hasil rapid diagnostic test (RDT) antigen dan akan memuatnya di dalam laporan data harian. Saat ini sistemnya, yakni berupa sebuah aplikasi, tengah dipersiapkan dan diharapkan selesai minggu ini. Sebagai informasi, pemerintah memutuskan rapid test antigen sebagai salah satu metode pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan deteksi dini COVID-19. (Medcom)

Sri Sultan Hamengku Buwono X dilaporkan.

Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Yogyakarta melaporkan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Selasa (16/2). Pelaporan Raja Keraton Yogya itu ke Komnas HAM dilatari karena Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat Di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. Kebijakan ini dianggap berpotensi melanggar hak asasi manusia, terutama hak untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Dalam aturan tersebut berisi larangan unjuk rasa di sejumlah kawasan Yogyakarta, salah satunya Malioboro. Aliansi ini beranggotakan 78 lembaga non-pemerintah dan individu pro-demokrasi di Yogyakarta. (Tempo)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan pertambahan kasus.

Uni Eropa memfinalisasi persetujuan lebih dari 200 juta dosis vaksin dari Pfizer dan BioNTech. Sebanyak 75 juta dosis akan dikirimkan di kuartal kedua tahun ini. Sementara itu, Afrika Selatan akan mulai memberikan vaksin Johnson & Johnson kepada pekerja kesehatan setelah kiriman pertama tiba pada Selasa malam. Dan usaha Taiwan untuk membeli 5 juta dosis Pfizer dan BioNTech gagal di detik-detik terakhir, yang diduga karena tekanan dari Beijing.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 3 Desember 2020

Swedia merencakanan untuk memberlakukan sejumlah restriksi baru yang akan membuatnya lebih mudah "untuk menutup sebagian kawasan Swedia", karena risiko gelombang ketiga. Sementara Prancis mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk membuka kembali restoran, bar dan tempat publik karena angka kasus dan kematian masih tinggi. Sementara itu, Melbourne menghentikan lockdown sejak tengah malam kemarin setelah berhasil mengendalikan penyebaran varian dari Inggris.

Korea Selatan melaporkan 621 kasus baru, jumlah terbanyak dalam enam minggu terakhir. Dan Poland dia mendaftarkan 8.694 kasus baru dalam 24 jam terakhir, terbanyak sejak pertengahan bulan lalu. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 109.613.248, dengan 2.421.481 kematian, dan 61.676.192 sembuh. (Bloomberg)

Jeff Bezos kembali menjadi orang terkaya di dunia.

Jeff Bezos mengklaim lagi gelar orang terkaya di dunia, mengakhiri masa kejayaan Elon Musk yang memegang gelar tersebut selama enam minggu. Musk kehilangan hampir $4,5 miliar pada Selasa lalu karena saham Tesla turun 2,4%. Kekayaan bersih Bezos juga menurun tapi tidak terlalu ekstrem. Bloomberg Billionaire Index mengatakan Bezos memiliki nilai $191 miliar dibandingkan $190 miliar milik Musk. Sebagai informasi, Musk menjadi orang terkaya di dunia pada awal Januari ketika saham Tesla melejit. Sementara itu Bill Gates tetap berada di posisi ketiga orang terkaya di dunia dengan kekayaan $137 miliar. (CNN)

iPhone rilis 200 emoji baru.

iPhone akan merilis lebih dari 200 emoji baru di pembaruan sistem operasinya, termasuk emoji suntikan vaksin, hati terbakar dan pasangan dengan berbagai warna kulit. Emoji baru ini merupakan kombinasi dari yang ada, dan beberapa yang baru khusus untuk pengguna produk Apple. Secara umum, perubahan terbesar adalah bagaimana pengguna bisa memiliki pilihan emoji pasangan lebih banyak. Sistem iOS 14.5 ini diperkirakan akan tersedia bulan depan. (The Guardian)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 4 Januari 2021

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 18 Februari 2021, jangan lupa mengecek panduan cemilan untuk diet dari ahli gizi.