5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 Februari 2020

Morning Briefing 18 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Hello, selamat pagi! #randomnews: muncul sebuah penyakit baru namanya ‘fashion imposter syndrome‘. Gejalanya: kamu merasa kurang percaya diri jika keluar rumah tanpa mengenakan pakaian mewah. Coba cek, apakah kamu sedang mengalami hal ini? Anyway, selamat menikmati hari Selasa dan lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 18 Februari 2020 berikut ini.

Badan Tenaga Nuklir (Batan) memeriksa sembilan warga Serpong terkait paparan zat radioaktif.

Sembilan orang penghuni Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan ini akan dianalisa di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) milik Batan selama dua hari. Kepala Humas Bapeten, Indra Gunawan, mengatakan mereka adalah yang rumahnya berada dalam radius 3-5 meter dari titik lokasi penemuan zat radioaktif. Zat yang ditemukan adalah berjenis caesium 137. Pihak Batan memastikan sejauh ini paparan zat radioaktif tak membahayakan keberadaan warga di sekitar lokasi. Oleh karenanya, warga tetap bisa beraktivitas dengan normal. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Bayar SPP sekolah bisa memakai Gopay.

Hal yang selama ini hanya menjadi candaan di media sosial, akhirnya menjadi kenyataan. Yakni, pembayaran SPP sekolah bisa dilakukan dengan Gopay. Tidak hanya SPP, biaya pendidikan lain termasuk seragam dan kegiatan ekstrakurikuler juga dapat dibayar dengan dompet digital ini melalui aplikasi Gojek. Kali ini melalui fitur GoBills. Dari data diketahui terdapat sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills. Pihak Gojek mengatakan dengan layanan terbaru ini maka orangtua lebih mudah melakukan pembayaran pendidikan anak-anaknya. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Mahkamah Agung India memerintahkan bahwa pemerintah harus memberikan pangkat permanen dan posisi komando untuk perempuan di militer.

Keputusan yang dianggap sebuah kemenangan dan tonggak sejarah dalam militer India ini mengartikan bahwa semua perempuan berhak mendapatkan promosi jabatan, pangkat, keuntungan dan pensiun yang sama dengan laki-laki. Sistem yang berlaku saat ini adalah perempuan dilantik menjadi anggota militer selama jangka pendek, yang hanya mengijinkan mereka menjadi tentara hanya 10-14 tahun. Meski keputusan pengadilan ini tetap tidak mengijinkan perempuan untuk bertugas di unit perang, tapi mereka berhak menjadi komandon batalion atau kepala departemen intelegen. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya pemerintah India mengatakan bahwa petugas militer perempuan tidak pantas secara fisik dan psikologis memegang jabatan permanen. Baca berita lengkapnya di CNN.

Pencuri bersenjata menjarah ratusan tisu toilet di Hong Kong.

Perisitiwa yang terjadi di sebuah supermarket di Mong Kok ini dipicu karena kepanikan atas keterbatasan persediaan tisu yang semakin menipis akibat penyebaran coronavirus. Meski pemerintah setempat sudah menyakinkan publik bahwa persediaan masih banyak, tisu toilet tetap menjadi barang paling dicari. Selain barang tersebut, kesulitan mendapatkan bahan makanan seperti nasi, pasta serta alat pembersih termasuk hand sanitiser juga dialami oleh warga lokal. Kepanikan penduduk Hong Kong terhadap wabah coronovirus ini terjadi setelah mengalami trauma saat SARS melanda negara tersebut. Pada 2003, sebanyak 299 warga Hong Kong meninggal akibat Sars, sebuah wabah yang dimulai di China daratan tapi ditutup-tutupi oleh Beijing. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Adele mengumumkan bahwa album keempatnya akan dirilis September mendatang.

Di sebuah penampilannya di London minggu lalu, penyanyi berusia 31 tahun tersebut mengonfirmasi bahwa album yang diberi judul ini akan dirilis pada September 2020. Album ini akan menjadi albumnya yang pertama dalam lima tahun, setelah album “25” diluncurkan pada 2015. Album keduanya “21” merupakan album terlaris sepanjang abad 21, dengan penjualan mencapai lebih dari 25 juta kopi. Jika album-album sebelumnya diberi judul sesuai dengan umurnya saat perilisan sebuah album, Adele mengatakan kali ini akan berbeda. Baca berita lengkapnya di The Sun.

Selanjutnya: setelah membaca Morning Briefing 18 Februari 2020, pastikan kamu mengetahui ini sebelum memperkenalkan pasangan baru kepada si kecil.

podcast button