5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 7 September 2020

Morning Briefing 17 September
Foto: www.unsplash.com

Dear, kamu! Iya, kamu yang sedang berjuang mengumpulkan semangat di hari ke-17 bulan September ini. Meski semangatmu nyaris di titik nol, pastikan memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. FYI, sebentar lagi weekend—semoga reminder ini membuatmu sedikit lebih semangat. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 17 September 2020.

Rekor kasus harian COVID-19 terbaru di Indonesia.

Kementerian Kesehatan melaporkan 3.963 kasus baru COVID-19 kemarin, yang merupakan salah satu jumlah kasus tertinggi sejak wabah terjadi. Selain itu, juga dilaporkan 135 kematian baru, yang juga merupakan rekor secara nasional. Per kemarin, otoritas kesehatan mengonfirmasi 228.993 kasus baru di seluruh Indonesia, dengan 164.101 sembuh dan 9.100 meninggal. Sejauh ini, wabah ini telah merambah ke 493 dari 514 kotamadya dan kabupaten di 34 provinsi di Indonesia. Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus terbanyak yakni 57.469 kasus dan 1.418 kematian, diikuti dengan Jawa Timur. Menurut data, pemerintah sudah mengetes lebih dari 1,62 juta orang per Rabu (16/9) (The Jakarta Post)

Pengembalian uang ganti beasiswa Veronica Koman gagal.

Penyerahan secara simbolis uang pengganti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan yang pernah diterima pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) Veronica Koman tidak jadi dilakukan oleh Tim Solidaritas Rakyat Papua. Penyebabnya, kantor LPDP tutup kemarin (16/9). Tim solidaritas membawa uang tunai Rp3 juta untuk diserahkan beserta bendera merah putih dan salinan bukti transfer. Petugas keamanan yang berjaga mengatakan bahwa kantor tak beroperasi lantaran masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Meski penyerahan simbolis batal dilakukan, uang senilai Rp773.876.918 yang ditagih LPDP ke Veronica sudah dikembalikan dengan metode transfer. (CNN Indonesia)

Update COVID-19: Singapura tawarkan voucher untuk naikkan wisata lokal, dan China ijinkan kapasitas 75% di bioskop.

Warga Singapura akan menerima S$100 dalam bentuk voucher untuk gunakan untuk staycation, aktivitas hiburan dan tur lokal pada Desember sebagai bagian dari usaha untuk membangkitkan sektor wisata. Detail lebih lanjut akan dirilis pada November. Sementara itu China mengijinkan bioskop mengisi 75 persen kapasitasnya. Sebelum menonton bioskop, pengunjung harus mendaftarkan diri dan tidak diperbolehkan grup lebih dari dua orang untuk duduk bersama. Selain itu, setiap penonton dan staf harus memakai masker, dan tidak menjual makanan dan minuman.

Dari India dilaporkan, lebih dari 1.200 orang meninggal dunia kemarin, yang menyebabkan angka kematian lebih dari 82.000; sementara kasus total melampaui 5 juta orang. Di New Zealand, pejabat setempat akan mengecek fasilitas karantina karena adanya dugaan pelanggaran setelah seorang pekerja kesehatan di Auckland positif terinfeksi virus ini. Sementara itu, Universitas Oxford dan AstraZeneca masih menunggu ijin untuk melanjutkan kembali uji coba klinis internasional di Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Studi ini terhenti di semua tempat pada 6 September, tapi sudah berlanjut di Inggris dan Brasil. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 adalah 29.624.865, dengan 936.313 kematian, dan 20.129.145 kesembuhan. (Financial Times)

Jepang resmi memiliki perdana menteri baru.

Yoshihide Suga resmi menjadi perdana menteri Jepang dan menjanjikan kabinet yang memiliki “pola pikir reformasi, kerja keras”. Pria berusia 71 tahun yang sudah menjadi kaki tangan Shinzo Abe selama hampir delapan tahun ini akan tetap mempertahankan hampir setengah anggota kabinet lama. Hanya dua orang dari 19 anggota kabinet yang perempuan, dan usia rata-rata mereka adalah 60 tahun. Selain itu, ada perwakilan dari keluarga Abe, yakni adik laki-lakinya, Nabuo Kishi, yang ditunjuk menjadi menteri pertahanan. Kemarin, Abe memasuki kantor perdana menteri di hari terakhir kerjanya, dan berjanji akan tetap mendukung pemerintahan mendatang dalam kapasitasnya sebagai anggota parlemen biasa. (The Guardian)

Kreator TikTok paling populer bergabung ke aplikasi saingan, Triller.

Charli D’Amelio, kreator TikTok paling terkenal dengan 87 juta pengikut, bergabung dengan Triller, aplikasi saingan TikTok. Charli bergabung tanpa perjanjian eksklusif, yang artinya dia akan tetap bisa menciptakan koten dengan aplikasi lain seperti TikTok, YouTube, dan Instagram. Keluarga Queen of TikTok ini juga akan ikut bergabung, yakni saudara perempuannya Dixie (34 juta pengikut di TikTok), sang ayah Marc (7 juta pengikut) dan sang ibu Heidi (5,6 juta). Meski Triller tidak sepopluer TikTok, aplikasi ini menarik banyak perhatian dalam beberapa minggu terakhir setelah Trump dan anggota keluarga bergabung dengan aplikasi ini. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 17 September 2020, jangan lupa mengetahui bagaimana cara mengatasi jerawat pasir.

podcast button