5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—17 September 2019

Foto: www.canva.com

Hm, berapa lama lagikah gajian? Sembari menghitung hari dan menghemat sampai tanggal gajian tiba, mari membaca lima hal yang perlu kamu tahu hari ini.

BMKG membantah ribuan ikan mati di Ambon berkaitan dengan tsunami. Sejak Sabtu minggu lalu, media sosial ramai membicarakan ribuan ikan mati di Desa Leihari dan Desa Rutong, Ambon dan menghubungkannya dengan pertanda akan terjadi terjadi gempa besar dan tsunami. Akan tetapi, BMKG menjelaskan bahwa berita tersebut adalah hoax. Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, mengatakan bahwa sedang dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa tersebut. Baca beritanya di sini .

Bencana kabut asap yang melanda Sumatera dan Kalimantan menyebabkan gangguan terhadap aktivitas penerbangan dan pengiriman barang. Tercatat, puluhan penerbangan di sejumlah bandara dibatalkan dan jadwal pengiriman barang ditunda sejak hari Sabtu minggu lalu. Di antaranya, 12 penerbangan Garuda Indonesia, 81 jadwal penerbangan Lion Air Group ke dan dari berbagai daerah di kedua kepulauan tersebut. Sementara, pemerintah terus berupaya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh kebakaran hutan tersebut. Baca beritanya di sini.

Pertumbuhan produksi Cina mengalami penurunan bulan lalu, berada pada titik terendah dalam periode 17 tahun terakhir. Hal ini diperkirakan adalah dampak dari perang tarif dengan Amerika Serikat dan permintaan domestik yang semakin melemah. Perdana Menteri Cina, Li Keqiang, menyampaikan bahwa dengan konsisi ekonomi seperti sekarang ini akan sangat sulit untuk memiliki pertumbuhan ekonomi pada tingkat 6% atau lebih. Baca berita lengkapnya di sini.

Generasi Wi-Fi terbaru dan lebih cepat diluncurkan minggu ini. Wi-Fi Alliance, organisasi yang mengawasi implementasi standardisasi Wi-Fi, resmi merilis sertifikasi Wi-Fi 6. Dan apa dampaknya bagi kehidupan sehari-hari kita? Teknologi baru di dalamnya akan membuat Wi-Fi lebih efisien—terutama di rumah yang puluhan gadget menggunakan sebuah koneksi Wi-Fi yang sama dalam satu waktu yang bersamaan. Jadi intinya, Wi-Fi ini berguna untuk menambah kecepatan di jaringan yang digunakan oleh banyak orang. Baca berita lengkapnya di sini.

Seandainya kamu butuh tontonan yang bisa memberikan inspirasi hari ini—wawancara Greta Thunberg ini bisa dijadikan prioritas. Dalam obrolannya dengan Trevor Noah, di acara The Daily Show, Greta membagikan ceritanya tentang perjalanan zero emission-nya mengarungi samudera Atlantik untuk menghadiri pertemuan PBB di New York. Aktivis lingkungan berusia 16 tahun ini juga menyampaikan ide-idenya tentang apa yang bisa dilakukan manusia (yep, termasuk kamu dan saya) untuk menyelamatkan Bumi. Tonton video lengkapnya di sini.