5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 17 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Hello, selamat pagi, teman! Sebelum memulai hari ini, ada baiknya menambah informasi tentang apa saja yang sedang menjadi topik hangat di dunia saat ini.

Untuk yang berminat memiliki kendaraan listrik, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) akan semakin banyak.

Hal ini disampaikan oleh pihak Plt Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani, yang juga mengatakan bahwa fasilitas charger kilat itu akan berada di kota-kota seperti Medan, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Banten dan Jakarta. Stasiun ini rencananya akan diresmikan pada Hari Listrik Nasional 2019 yang akan datang (27/10). Diperkirakan dibutuhkan 30-40 menit untuk mengisi ulang kendaraan listrik di tempat ini. Baca berita lengkapnya di sini.

Mulai besok, Kemenag akan mengambil alih penerbitan sertifikasi halal.

Jika sebelumnya yang menerbitkan sertifikasi ini adalah Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, maka mulai besok (17/10) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH dari Kementerian Agama yang akan melakukannya. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan sertifikat yang diterbitkan Kemenag ini sifatnya wajib dan diatur UU. Para pelaku usaha melalui lima tahap sebelum akhirnya sertifikat tersebut diterbitkan. Baca berita lengkapnya di sini.

Foto mana yang paling insta-worthy?

Mungkin jawaban yang paling tepat (paling tidak sampai detik ini) adalah foto Kim Jong-un di atas kuda. Foto yang dirilis kemarin itu menggambarkan pemimpin Korea Utara tersebut sedang berkuda di kawasan bersalju di Mount Paektu. Dari pernyataan yang dirilis oleh kantor berita KCNA, proses pengambilan foto merupakan sebuah peristiwa sejarah penting dalam sejarah revolusi Korea. Selain itu juga menggambarkan mata komandan tertinggi tersebut “dipenuhi dengan kilauan nan agung”. Foto ini terlihat familiar? Vladimir Putin pernah berfoto dengan pose yang hampir sama. Bedanya jika Putin memamerkan dada telanjangnya, Kim memilih untuk tetap mengenakan kaus lengkap dengan jaket bulu berwarna cokelat. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, Cina bertekad akan membalas Amerika Serikat.

Alasannya? Karena House of Representative Amerika Serikat menyetujui Hong Kong Human Rights dan Democracy Act of 2019 dua hari yang lalu. Legislasi tersebut akan memampukan Amerika untuk memberikan sanksi kepada individu di Cina dan Hong Kong jika dinilai mengurangi otonomi Hong Kong dan HAM penduduknya. Selama ini, Cina dengan tegas menolak legislasi HAM tersebut karena aturan tersebut mengisyarakatkan campur tangan asing terhadap masalah domestik. Di sisi lain, aktivis pro-demokrasi Hong Kong menyambut baik kabar ini dan menyebutnya sebagai “pernyataan dukungan terkuat terhadap masyarakat Hong Kong.” Baca berita lengkapnya di sini.

Nasa membocorkan spacesuits yang akan dipakai perempuan pertama…

… yang berjalan di Bulan. Seragam ini dibuat sebagai bagian dari program Artemis, yang menargetkan untuk mengirim wanita pertama dan laki-laki berikutnya ke Bulan pada tahun 2024. Baju yang didominasi warna putih dengan lengan berwarna biru dan merah ini dirancang lebih fleksibel. Alhasil, para astronot bisa jongkok dan bergerak dengan lebih leluasa. Insulasi di dalamnya didesain untuk bisa bertahan di temperatur antara -150C sampai 120C. Super dingin dan ultra mega panas. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button