5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 17 Maret 2020

Morning Briefing 17 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hi, selamat pagi! Semoga tidak bosan mendengarnya, di mana pun kamu berada: jaga kesehatan diri dan orang di sekitarmu dengan rajin mencuci tangan dan kurangi keluar rumah (jika memungkinkan). Mengutip kata Arnold Schwarzenegger: dengarkan para ahli, dan abaikan orang idiot. Kita bisa melalui ini bersama-sama.” Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 17 Maret 2020.

Hari ini jam operasional MRT, LRT dan Transjakarta kembali normal.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan bahwa waktu operasional ketiga transportasi publik di Jakarta tersebut kembali normal hari ini. Untuk MRT Jakarta akan beroperasi pukul 05.00-24.00 WIB dengan jumlah rangkaian kereta seperti semula, tapi kapasitas penumpang dibatasi. Sementara LRT Jakarta akan beroperasi pukul 05.00-23.00 WIB dan kapasitas penumpang juga dibatasi. Dan Transjakarta juga beroperasi selama 24 jam, dengan bus gandeng hanya akan membawa 60 penumpang dan bus single 30 penumpang. Revisi kebijakan ini diambil setelah kemarin pengaturan operasional ketiga transportasi tersebut mengalami kekacauan akibat hanya beroperasi sampai pukul 18.00. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Info terbaru coronavirus di Indonesia: total pasien positif virus corona bertambah menjadi 134 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah Indonesia khusus penanganan Achmad Yurianto yang mengatakan penambahan kasus tersebut berasal dari 17 kasus baru yang ditemukan hari ini. Dia juga menyampaikan bahwa tidak semua kasus positif COVID-19 harus menjalani isolasi di rumah sakit. Menurutnya, beberapa kasus positif tanpa gejala bisa melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Pedoman untuk melakukan isolasi mandiri sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan dan bisa dilihat di situs Kemenkes RI. Yurianto juga mengatakan bahwa untuk mengendalikan penyebaran dan penularan COVID-19, pemerintah terus melakukan kontak tracing pasien yang dirawat di rumah sakit. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Restoran, bar, bioskop dan sekolah di New York, Los Angeles, Paris dan Dubai ditutup.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih meluas. Sementara itu di Italia, angka kematian baru mencapai 368 per Minggu (15/3)—angka satu hari yang bahkan lebih tinggi dibandingkan Wuhan. Sebulan yang lalu, pasar finansial global mencapai rekor tertinggi atas asumsi bahwa penyebaran ini tidak akan melebar ke luar China. Akan tetapi, nyatanya semakin banyak kasus COVID-19 dan kematian yang terjadi di luar daratan China. Dua negara lain di Eropa, Spanyol dan Prancis, di mana angka kasus dan kematian semakin meningkat, memberlakukan “lockdown” selama akhir pekan. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Apple dikenakan denda sebesar $1,2 miliar oleh otoritas persaingan Prancis.

Setelah melakukan investigasi sejak 2012, akhirnya pihak regulator memutuskan bahwa perusahaan tersebut dan dua grosirnya ditemukan telah melakukan perjanjian curang untuk mengontrol harga di Prancis. Investigasi ini berawal dari sebuah komplain yang dilayangkan oleh eBizcuss, yang menjual produk Apple sebagai Apple Premium Reseller. Menurut pihak otoritas, Apple sudah mengeksploitasi kebergantungan premium reseller ini dengan memberlakukan aturan yang tidak adil. Jumlah denda ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Prancis dan Apple berkata akan mengajukan banding. Baca berita lengkapnya di BBC.

India menghentikan semua produksi film dan TV karena coronavirus.

Setelah rapat darurat di akhir pekan, India Motion Picture Producers’ Association mengatakan bahwa akan menunda produksi semua film, TV, iklan dan serial dari 19 sampai 31 Maret. Organisasi tersebut juga menyarankan seluruh kru film Bollywood yang sedang mengerjakan proyek di luar negeri untuk kembali ke India dalam tiga hari ke depan. Sebagai informasi, Bollywood dan industri film regional lainnya memproduksi lebih dari 1000 film per tahun. Dan sejauh ini, satu per satu bioskop di negara tersebut mulai ditutup. Menurut data, terdapat 113 kasus terinfeksi COVID-19 dan dua orang meninggal. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Usai menikmati Morning Briefing 17 Maret 2020, pastikan mengetahui perbedaan antara konflik pernikahan biasa dengan KDRT di sini.