5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 17 Juni 2020

Morning Briefing 17 Juni 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Kapan terakhir kali kamu melakukan kebaikan untuk orang asing? Barbra Streisand dikabarkan membeli saham Disney untuk putri mendiang George Floyd, Gianna Floyd (6 tahun). Tidak ada informasi detail berapa banyak saham yang dibeli Streisand, tapi yang jelas saat ini saham Disney bernilai $127. Pesan moralnya, mari melakukan perbuatan baik hari ini (dan setiap hari) kepada siapa pun. Selamat menikmati hari ini, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 17 Juni 2020. Dan oh, pakai masker saat keluar rumah!

Masker dan Alat Pelindung Diri boleh diekspor.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto membuka kembali izin ekspor bahan baku masker, masker jadi, dan Alat Pelindung Diri (APD). Izin ekspor kembali diberikan untuk mendongkrak kinerja perdagangan, khususnya ekspor Indonesia. Hanya saja, ekspor barang-barang tersebut dilakukan setelah kebutuhan dalam negeri tercukupi. Bersamaan dengan terbitnya beleid tersebut, maka larangan ekspor bahan baku masker, masker, dan APD yang sebelumnya diberlakukan resmi dicabut. Aturan itu memiliki durasi pemberlakuan sejak 18 Maret sampai 30 Juni 2020. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

FFI tetap digelar.

Panitia Festival Film Indonesia memutuskan untuk tetap menggelar FFI seperti jadwal yang sudah ditentukan. Dalam konferensi pers daring, Komite Penjurian dan Seleksi, Nia Dinata, menyampaikan bahwa FFI memang memiliki tantangan yang berbeda tahun ini. Salah satunya, karena pandemik banyak film Indonesia yang tertunda penayangannya. Oleh karena itu, panitia masih menanti apakah ada film Indonesia yang tayang hingga September 2020 untuk dimasukkan ke dalam daftar seleksi. Sampai saat ini, panitia sudah berhasil mengumpulkan 53 judul film panjang yang akan masuk dalam daftar penilaian oleh para kurator. Puluhan film panjang ini merupakan film yang tayang mulai 1 Oktober 2019 hingga 15 Maret 2020. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan.

Gedung yang dibangun pada 2018 di Kaesong sebagai simbol menjaga hubungan baik tersebut diledakkan oleh Korea Utara, Senin kemarin (16/6) . Peristiwa ini menjadi sebuah kemunduran besar dalam usaha memperbaiki hubungan dengan Korea Utara. Video surveillance yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan memperlihatkan ledakan besar yang membuat bangunan roboh. Ledakan juga membuat roboh sebagian gedung 15 lantai yang terletak di sebelahnya yang digunakan sebagai tempat tinggal staf Korea Selatan. Sebagai informasi, gedung ini sudah dikosongkan sejak Januari karena coronavirus. Komite keamanan nasional Korea Selatan mengatakan bahwa akan memberikan respons jika Korea Utara terus melakukan aksi-aksi yang membuat situasi semakin tegang. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Update COVID-19 global: Steroid sebagai obat dan Beijing tutup semua sekolah.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa dexamethasone, sebuah steroid generik untuk mengurangi inflamasi pada penyakit lain, bisa menurunkan risiko meninggal pasien coronavirus dengan gejala parah. Peneliti mengatakan bahwa obat ini adalah obat pertama yang meningkatkan survival rate pada pasien yang terinfeksi. Sementara itu, Beijing berada dalam status gawat darurat level III dan memutuskan untuk menutup semua sekolah setelah ratusan orang terinfeksi virus ini. Sebelumnya, sekolah dibuka kembali pada pertengahan Mei. Di Jerman, pemerintahnya meluncurkan tracing app baru untuk mengidentifikasi dan memutus tali penyebaran COVID-19. Aplikasi ini menggunakan Bluetooth, gratis dan diunduh secara sukarela. Sementara itu dengan alasan “kemajuan positif”, Amerika Serikat kembali mengijinkan maskapai China terbang ke negaranya. Pada hari yang sama, Food and Drug Administration AS melarang penggunaan hydroxychloroquine untuk pasien coronavirus, bahkan dalam kondisi darurat. Dan dari New Zealand dilaporkan, dua kasus baru muncul setelah 24 hari tidak ada kasus di sana. Dua pasien ini baru saja pulang dari Inggris untuk mengunjungi orangtua mereka yang sedang sekarat. Menurut Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 8.075.962, dengan 437.939 meninggal, dan 3.907.402 sembuh. Baca berita lengkapnya di Washington Post.

Zynn dihapus dari iOS Store.

Setelah didepak dari Google Play Store, Zynn, aplikasi kloningan TikTok, dihapus dari iOS App Store. Sebelumnya, aplikasi tersebut diturunkan dari Play Store karena laporan plagiarisme dan skema reward yang menimbulkan banyak kontraversi. Juru bicara Zynn mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam proses diskusi dengan “Google dan Apple untuk memastikan [aplikasi itu] mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku.” Sebagai informasi, Zynn mulai tersedia di iOS dan Android sejak awal Mei dan menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh. Dan Zynn merupakan bagian dari Kuaishou, perusahaan teknologi China yang bersaing ketat dengan ByteDance, pemilik TikTok. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: Usai menikmati Morning Briefing 17 Juni 2020, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara mengajarkan anak agar menjadi pribadi yang menghargai perbedaan.

podcast button