5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 17 Juli 2020

Morning Briefing 17 Juli 2020
Foto: www.canva.com

Selamat hari Jumat dan berakhir pekan! That’s it, that’s the greeting! Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 17 Juli 2020.

PSBB transisi Jakarta diperpanjang.

Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi selama 14 hari ke depan. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Anies Baswedan lewat siaran YouTube. Hal ini dilakukan karena jumlah pasien positif COVID-19 semakin meningkat. Per 16 Juli 2020, berdasarkan data Gugus Tugas, penambahan kasus coronavirus di Jakarta mencapai 312 kasus, sedangkan yang sembuh adalah 134 orang. Sementara itu, secara nasional, kasus positif coronavirus bertambah 1.574 orang, sehingga total adalah 81.668 kasus. (Liputan6)

BMKG prediksi sejumlah daerah alami kekeringan.

Dalam beberapa minggu ke depan, beberapa daerah akan mengalami cuaca kering, bahkan kekeringan. Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT) diprediksi menjadi daerah dengan risiko kekeringan paling tinggi (status Awas). Wilayah lainnya yang masuk dalam status Siaga terdapat di Nusa Tenggara Barat (8 daerah), enam daerah di Jawa Tengah, lima di Yogyakarta dan satu di Bali. BMKG mengingatkan bahwa kekeringan bisa berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan kekurangan air untuk pertanian. (The Jakarta Post)

Update COVID-19 global: Rusia diduga coba mencuri penelitian vaksin, dan Prancis wajibkan pakai masker di dalam ruangan.

Pemerintah Inggris, Kanada, dan AS mengatakan bahwa peretas Rusia mencoba mencuri informasi tentang penelitian vaksin yang dilakukan oleh tiga negara tersebut. Cozy Bear, grup peretas yang memiliki kaitan dengan intelejen Rusia, diduga menggunakan spear-phising dan malware untuk mendapatkan akses ke penelitian tersebut. Sementara dari Prancis diberitakan seluruh orang diwajibkan mengenakan masker di dalam ruangan publik mulai minggu depan. Dan Spanyol menyelenggarakan upacara penghormatan terhadap korban coronavirus dan tenaga medis.

Dari India dilaporkan kasus satu hari mencapai rekor baru kemarin, yakni 32.695. Sejumlah negara bagian India pun memberlakukan social distancing lagi setelah dihentikan Juni lalu. Hal yang sama terjadi di Hong Kong, terjadi jumlah kasus tertinggi harian sejak wabah melanda terjadi kemarin. Di fase yang disebut “gelombang ketiga” ini, tercatat 67 kasus baru, dan 63 di antaranya infeksi lokal. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 13.589.273, dengan 584.990 kematian, dan 7.607.033 kesembuhan. (New York Times)

Peretasan Twitter timbulkan tanda tanya keamanannya.

Kejadian peretasan luar biasa yang menimpa Twitter pada Rabu (15/7) yang membuatnya menonaktifkan sejumlah akun para selebriti, membuat keamanannya dipertanyakan. Respons Twitter yang cukup lama (lima jam) dalam mengatasi kejadian ini, membuat reputasi keamanan media sosial tersebut diragukan. Terutama, Amerika Serikat akan menggelar pemilihan presiden pada November. Pihak Twitter mengatakan bahwa peretas berhasil mendapatkan akses pegawainya untuk meretas akun-akun orang terkenal, seperti Barack Obama, Joe Biden, Kim Kardashian, dan Elon Musk. Peretasan akun Twitter dengan menggunakan akses pegawai pernah terjadi sebelumnya, tapi peristiwa Rabu kemarin adalah yang terburuk. (Reuters)

Kelanjutan pengadilan Johnny Depp versus Amber Heard.

Dua mantan pasangan Johnny Depp, Winona Ryder dan Vanessa Paradis, mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa Depp tidak pernah melakukan kekerasan terhadap mereka. Dan tuduhan bahwan Depp adalah “pemukul istri” merupakan sesuatu yang “mustahil dipercaya”. Awalnya, Ryder dan Paradis dijadwalkan untuk memberikan kesaksian di pengadilan London kemarin melalui video dari AS, tapi dibatalkan. Pasalnya, pernyataan Depp bahwa dirinya tidak pernah memukul mantan pasangannya tidak lagi dipertanyakan. Sebagai informasi, Depp menuntut penerbit Sun, News Group Newspaper (NGN) atas artikel yang menyebutnya “pemukul istri”. Proses pengadilan masih terus berlanjut. (The Guardian)

Selanjutnya: Sudah selesai membaca Morning Briefing 17 Juli 2020? Pastikan kamu mengetahui apa yang sebenarnya terjadi ketika memakai krim pemutih wajah di sini.

podcast button