5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—16 September 2019

Foto: www.canva.com

Happy Monday! Yep, bahkan ketika kamu belum siap menghadapi hari ini, mari mempraktikkan pepatah ‘fake it until you make it!’. Diawali dengan mengetahui lima hal ini:

Di tengah polemik KPK, wakil ketua KPK, Saut Situmorang, mengundurkan dari dari komisi tersebut setelah pimpinan baru diumumkan oleh DPR hari Jumat lalu. Berita pengunduran dirinya ini muncul setelah beredar sebuah pesan WhatsApp yang dipercaya ditulis dirinya sendiri. Dalam pesan tersebut, dituliskan bahwa Saut akan resmi mengundurkan diri dari KPK per 16 September 2019. Baca berita lengkapnya di sini.

Film animasi Spongebob “Big Movie Family: The SpongeBob Squarepants Movie” mendapatkan teguran dari Komisi penyiaran Indonesia (KPI). Menurut komisi tersebut film tentang penghuni kota bawah laut Bikini Bottom itu mengandung unsur kekerasan. Tidak hanya film tersebut, terdapat 13 program televisi dan radio lain yang juga diberi sanksi oleh KPI. Baca beritanya di sini.

Pemerintah Singapura mempertimbangkan penutupan sekolah menyusul kondisi kabut yang berada pada level berbahaya. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan negara tersebut kemarin. Pada pukul 4 sore kemarin, bacaan 24 jam-PSI berada pada 110, dan menurut NEA (National Environment Agency), bacaan di bawah 50 menandakan kondisi udara “baik”, 51-100 artinya “moderat”, dan di atasnya (101-200) “tidak sehat”, sementara 201-300 adalah “sangat tidak sehat”, dan di atas 300 “berbahaya”. Baca berita lengkapnya di sini.

Mozilla memiliki sebuah kampanye media sosial baru untuk mempermalukan YouTube. Melalui kampanye yang dinamakan #YouTubeRegrets ini, Mozilla meminta publik untuk menceritakan pengalaman mereka saat jatuh ke dalam “recommendation rabbit hole“. Hal ini dilakukan oleh Mozilla (yep, open-source web browser yang jarang kita pakai itu) dengan harapan YouTube lebih aktif lagi memperbaiki masalah algoritmanya, yang bisa membuat para pengguna jatuh ke dalam lobang “rekomendasi” dengan konten yang berbahaya. Baca berita lengkapnya di sini.

Adele resmi mengajukan cerai dari suaminya, Simon Konecki. Perpisahan keduanya resmi dikonfirmasi bulan April lalu setelah menikah selama tujuh tahun. Dikabarkan, pasangan ini sedang dalam proses mediasi untuk berbagi hak asuh atas putra mereka, Angelo. Banyak pengamat musik dan penggemarnya berpendapat bahwa perceraian tersebut akan memiliki pengaruh yang besar pada album Adele berikutnya. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button