5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 16 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Hari Rabu ini semoga tidak kelabu! Melainkan merona dan manis seperti lebah yang sedang membuat madu. Untuk memulai hari dan tidak membiarkannya berlalu, mari membaca lima berita baru.

Dari dalam negeri dilaporkan Timnas Indonesia kalah melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Skor akhir adalah 3-1 dengan tiga dicetak oleh tim Vietnam (Do Duy Manh, Que Ngoc Hai dan Nguyen Tien Linh) dan hanya satu gol yang berhasil diciptakan pemain Indonesia (Irfan Bachdim) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Ini adalah kekalahan kandang pertama tim Garuda atas Vietnam. Dalam delapan pertemuan sebelumnya, Indonesia memetik empat kemenangan dan empat hasil imbang atas Vietnam. Dengan ini, Vietnam kini mengoleksi tujuh poin dari tiga laga, hasil dua kali menang dan sekali imbang di Zona Asia Group G. Sementara Indonesia masih nol. Baca berita lengkapnya di sini.

Tersiar kabar bahwa Grab akan menggabungkan OVO dan Dana untuk menyaingi Gopay. Benarkah?

Kabarnya penggabungan Dana dan Ovo dilakukan Grab dengan membeli saham mayoritas yang selama ini dimiliki oleh PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek). Akan tetapi, kedua belah pihak tidak banyak berkomentar ketika dihubungi oleh CNN Indonesia. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Uganda, dikabarkan sejumlah anggota parlemen mendorong pemberlakuan hukuman mati untuk homokseksual.

Proposal hukum baru ini dianggap sebuah kemunduran terhadap hak kaum LGBT di Afrika. Sejumlah anggota parlemen ingin mengukuhkan peraturan tersebut atas dasar karena ingin mempertahankan dan melindungi nilai-nilai sosial di Uganda. Homoseksual masih ilegal di banyak negara di Afrika; beberapa negara bagian bahkan berlaku hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati. Akan tetapi terjadi perkembangan di kawasan lain, termasuk Angola yang mendekriminalisasi homoseksual bulan Januari lalu. Baca beritanya di sini.

Apakah pekerjaanmu mengharuskan kamu mentranskripsi percakapan audio?

Selain menghadirkan teknologi yang disebut ‘motion sense‘ (kamu bisa mengganti lagu dengan hanya melambaikan tangan di dekat ponsel), Pixel 4, produk terbaru dari Google ini menyimpan sebuah aplikasi yang bisa disebut sebagai ‘penyelamat hidup’. Well, paling tidak bagi bagi mereka yang pekerjaannya melibatkan transkripsi audio (wartawan misalnya). Aplikasi yang diberi nama ‘Recorder‘ (jenius banget ‘kan, namanya?) ini bisa: merekam suara di real time, membuat transkripnya tanpa melibatkan pihak ketiga dan tanpa internet! Ahay! Aplikasi ini juga bisa mengidentifikasi beberapa suara, seperti tepuk tangan dan musik. Meski baru tersedia dalam bahasa Inggris, tapi Google berjanji versi bahasa lain akan segera diluncurkan. Aplikasi ini hanya tersedia di Pixel 4. Baca beritanya di sini.

Jika ada satu hal yang harus kamu baca hari ini, pilih ini:

Simone Biles, pesenam Olimpiade, yang baru saja meraih lima emas di kejuaraan dunia (artinya koleksinya sekarang mencapai 25 medali emas), ditanya tentang apakah menyebut dirinya sebagai G.O.A.T (Greatest of All Time)- tidak terlalu berlebihan? “Menyebutnya seperti itu bukan karena sombong,” jawabnya ke USA Today. Melainkan, hal tersebut adalah sebuah kebenaran, karena memang dia berhasil memenangkan lima gelar juara dunia! Jadi, jika dia mengatakan dirinya sebagai pesenam terbaik dunia, itu bukan karena sombong tapi, “faktanya di atas kertas memang begitu.” Amen, sista! Tonton video lengkapnya di sini.

podcast button