5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 16 Januari 2020

morning briefing 16 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Hello! #randomthoughtsonThursday: mengapa biaya potong rambut perempuan jauh lebih mahal dari laki-laki dan kapan Rihanna mengeluarkan album? Hmm… Sambil berpikir dan mempersiapkan argumen, berikut lima berita penting yang terangkum dalam morning briefing 16 Januari 2020.

UU Omnibus Law cipta lapangan kerja tidak menghapus pemberian pesangon kepada pegawai.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menegaskan bahwa UU Omnibus Law itu akan memberikan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja. Airlangga menjelaskan bahwa ada beberapa manfaat yang diberikan, termasuk penerimaan uang tunai selama enam bulan setelah diberhentikan kerja. Dia juga menyampaikan bahwa draf UU Omnibus Law cipta lapangan kerja tersebut direncakana rampung minggu ini dan setelahnya dikirimkan ke DPR. Baca beritanya di Detik.

Tarif ojek daring akan ditentukan oleh Pemerintah Daerah.

Kesepakatan tersebut disetujui oleh perwakilan massa aksi Ojek Online Nusantara Bergerak dengan Kementerian Perhubungan. Dengan penetapan tarif berdasarkan kemampuan masing-masing kota atau provinsi bukan bersifat zonasi, kesejahteraan pengemudi ojek diharapkan meningkat. Menurut perwakilan pengemudi ojek daring, tarif zonasi yang selama ini diberlakukan sering kali tidak sesuai dengan kondisi setiap kota. Selain topik tersebut, pertemuan ini juga menyinggung UU khusus bagi kemitraan Pengemudi Ojek Online yang dibahas komisi V DPR RI pada 9 Februari 2020. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Korea Selatan mempertimbangkan untuk mengijinkan turisnya untuk berlibur ke Korea Utara.

Di bawah sanksi ekonomi PBB, satu-satunya kerjasama internasional yang diperbolehkan adalah pariwisata. Itulah sebabnya Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mempertimbangkan untuk mengirimkan turis dan membangun resort di Utara. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk meredakan ketegangan serta memperbaiki hubungan diplomasi kedua negara tersebut. Akan tetapi, isu ini masih dalam bentuk rencana karena sanksi ekonomi tidak mengizinkan investasi internasional di Korea Utara. FYI, setelah pertemuan terakhir Kim Jong-un dengan Donald Trump pada Februari tahun lalu tidak membuahkan hasil, hubungan keduanya makin tidak harmonis. Baca berita lengkapnya di New York Times.

Thailand memperketat pengawasan dan inspeksi di bandara menyusul penyebaran virus aneh dari China.

Langkah ini diambil menyusul peristiwa seorang perempuan asal Tingkok dikarantika di Thailand. Dan Organisasi Kesehatan Kesehatan (WHO) menyatakan bahwa ada kemungkinan coronavirus baru dari China ini bisa ditularkan dari manusia ke manusia. Perempuan tersebut ditengarai membawa coronavirus dan ini merupakan pendeteksian pertama virus tersebut berada di luar China. Coronavirus adalah keluarga besar dari virus yang bisa menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa sampai SARS. Pada 2002-2003, virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), membunuh hampir 800 orang di seluruh dunia. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Billie Eilish akan menyanyikan lagu tema film James Bond terbaru.

Hal ini membuatnya menjadi penyanyi termuda sepanjang sejarah Bond yang pernah menulis dan menyanyikan lagu untuk film tersebut. Penyanyi berusia 18 tahun itu mengatakan bahwa dirinya tidak percaya bisa menjadi bagian dari film yang menurutnya “the coolest film franchise ever to exist.” Penyanyi yang terkenal berkat lagu seperti Bad Guy dan Bury A Friend ini mengatakan bahwa lagu tema tersebut dikerjakannya bersama Finneas O’Connell, saudara laki-lakinya. Lagu tema James Bond memang sesuatu yang istimewa. Tercatat dua lagu tema sebelumnya yang dinyanyikan oleh Adele (Skyfall) dan Sam Smith (Spectre) memenangkan Oscar. Baca berita lengkapnya di BBC.

Sudah selesai membaca morning briefing 16 Januari 2020? Coba cek produk kecantikan rekomendasi bulan ini sebelum memulai aktivitas.

podcast button