5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 15 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Hal penting apa yang akan terjadi pada kamu hari ini? Atau jangan-jangan, same old, same old? Nikmati saja, dan tetap berusaha menjadi orang baik, ya! Sebelum memulai hari, mari membaca apa yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Dari dunia teknologi, Reddit berambisi untuk beken di kalangan remaja.

Meski Reddit terkenal dengan video viral, meme, dan komunitas bawah tanahnya, harus diakui bahwa perusahaan tersebut kurang, hm… ngehits di kalangan remaja. Dan Reddit ingin mengubahnya. Berintegrasi dengan Snapchat, Reddit meluncurkan sebuah fitur berbagi yang memampukan penggunanya untuk membagikan postingan langsung melalui aplikasi Snapchat. Ini artinya untuk pertama kalinya Reddit mengadopsi sistem “berbagi”. Sebelumnya, meski konten dari situs tersebut tersebar ke berbagai belahan dunia, itu karena penggunanya mempostingnya dalam bentuk screenshots. Bisakah Snapchat menolongnya menjadi “anak” terkenal di sekolah? Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, di Catalan, ribuan orang turun ke jalan memprotes hasil keputusan pengadilan atas 9 pemimpin separatis.

Kesembilan tokoh tersebut tidak dinyatakan bersalah dalam peran mereka sebagai pemberontakan kemerdekaan yang gagal dua tahun yang silam. Akan tetapi, dinyatakan bersalah dalam kejahatan yang lebih ringan yakni, dinilai menghasut dan menyalahgunakan dana publik. Meski para pemimpin kemerdekaan Catalan tersebut divonis kurungan penjara, mereka tetap mengatakan bahwa hukuman tersebut tidak akan menyurutkan keinginan mereka untuk merdeka dari Spanyol. Para pemrotes memenuhi jalan-jalan utama Barcelona dan menuntut pembebasan sembilan tokoh kemerdekaan tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari dalam negeri, awas panas keluar dari Gunung Merapi.

Letusan awan panas tersebut terjadi selama 270 detik dengan tinggi kolom kurang lebih tiga kilometer dari puncak, kemarin. Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Yogyakarta, mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi kemungkinan adanya abu vulkanik. Baca berita lengkapnya di sini.

Mandalika MotoGP diperkirakan akan rampung dua tahun lagi.

Menurut pernyataan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, 30 persen persiapan dasar arena balap motor motor yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu sudah rampung. Sementara, konstruksi untuk kompleks sirkuit sudah mencapai 10 persen. Arena ini nanti akan digunakan untuk lomba balap MotoGP pada tahun 2021 dengan panjang 4,32km dan 19 tikungan. Operator sirkuit berencana untuk menjual tiket pre-sale secara daring pada November mendatang. Baca berita lengkapnya di sini.

Berita duka datang dari industri K-pop.

Sulli, penyanyi dan anggota K-pop band f(x) ditemukan meninggal di rumahnya di Sujeong-gu, Seongnam di provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, kemarin. Penyanyi dengan nama asli Choi Jin-ri ini ditemukan tewas oleh manajernya yang mendatangi rumahnya karena tidak bisa menghubungi Sulli. Perempuan berusia 25 tahun tersebut memutuskan untuk hiatus pada tahun 2014 karena tidak sanggup menghadapi online abuse yang dialaminya. Dia juga berakting dalam beberapa film Korea seperti Fashion King, I AM dan acara TV termasuk Hotel del Luna dan To the Beautiful You. Polisi menduga Sulli melakukan bunuh diri, tetapi penyelidikan lebih lanjut akan terus dilakukan. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button