5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 15 November 2019

Foto: www.unsplash.com

Wotwot! Jumat, nih! Hal menyenangkan apa yang akan kamu lakukan hari ini, Sabtu dan Minggu? Jika bulan ini banyak undangan kondangan, ide gaun ini bisa membantu mengurangi satu misteri dalam hidupmu. Butuh mendengarkan berita baik? Coba baca berita pertama di bawah ini—dan lanjutkan membaca informasi lainnya.

Berita gembira datang dari Jerman.

Pemerintah negara tersebut memperkenalkan legislasi yang akan mengkriminalisasi “upskirting” foto dan mengambil foto korban tewas tanpa izin. Upskirting adalah tindakan abusif di mana seseorang mengambil foto atau video di bawah baju seseorang tanpa izin. Legislasi ini hanya membutuhkan persetujuan parlemen untuk resmi menjadi undang-undang. Seorang mahasiswa film bernama Hanna Seide mempelopori petisi untuk melarang upskirting di Jerman dan sampai sekarang sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 tanda tangan. Petisi tersebut akhirnya menelurkan legislasi baru ini. Baca berita lengkapnya di sini.

Tahun depan, pemerintah Indonesia berencana menjalankan program sertifikasi persiapan perkawinan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengatakan pasangan yang belum lulus sertifikasi tak diizinkan menikah. Sebelum lulus mengikuti pembekalan, pasangan belum diperbolehkan untuk menikah. Menteri ini menjelaskan program sertifikasi persiapan perkawinan berbeda dengan konseling pranikah yang sudah dijalankan Kantor Urusan Agama (KUA). Di program ini, pasangan akan diberikan pengetahuan yang lebih komprehensif tentang kesehatan reproduksi, pencegahan terhadap berbagai macam penyakit, persiapan menjelang kehamilan hingga cara merawat anak. Program tanpa pemungutan biaya ini diharapkan bisa menekan angka perceraian. Baca berita lengkapnya di sini.

Instagram resmi mengujicobakan hapus ‘like‘ di Indonesia.

Jika sebelumnya sistem hanya dilakukan di delapan negara itu, kini sudah diberlakukan secara global di seluruh negara termasuk Indonesia. Instagram menyebut pengguna yang terdampak akan mendapat notifikasi di aplikasi mereka. Pengguna yang masuk ke dalam uji coba ini tidak akan melihat jumlah like dan view dari foto maupun video para pengguna lain yang ada di linimasa mereka. Mereka tetap bisa melihat jumlah ‘like‘ dan ‘view‘ dari postingan mereka sendiri dengan mengetuk daftar ‘like‘ yang ada di bawah postingan mereka. Beberapa kalangan menilai penghapusan ‘like‘ Instagram dinilai sebuah langkah positif untuk kesehatan mental para pengguna media sosial. Baca berita lengkapnya di sini.

Penasaran kapan Disney+ akan diluncurkan di Indonesia?

On-demand video streaming dari Disney itu berencana membawa servis terbarunya ini ke India dan Asia Tenggara pertengahan tahun depan. Di India, perusahaan ini berencana bekerja sama dengan servis Hotstar, sebuah video streaming service miliknya. Dan nantinya, Hotstar juga yang akan membawa katalog Disney+ ke Indonesia. Hal ini disampaikan narasumber anonim kepada TechCrunch. Dikabarkan di Asia Tenggara, servis ini akan berbiaya di atas $30 per tahun. Baca berita lengkapnya di sini.

Lupakan London Bridge, ini yang harus kamu datangi saat ke London.

Berencana liburan ke London dalam waktu dekat? Masukkan Vagina Museum ke dalam daftar ‘tempat yang harus dikunjungi’. Ini adalah museum pertama di dunia yang didedikasikan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan vagina dan pengetahuan seputarnya. Museum ini sukses mengumpulkan dana dari crowdfunding campaign dengan donasi lebih dari 1000 orang. Museum ini akan resmi dibuka untuk umum per 16 November mendatang dengan biaya masuk gratis. Baca berita lengkapnya di sini.