5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 15 Mei 2020

Morning Briefing 15 Mei 2020
Foto: www.unsplash.com

Hei! The World of Married Life akan tamat minggu ini—hmm, sudah punya rencana pengganti untuk mengisi kekosongan hidupmu? Well, apa pun penggantinya, tetap cuci tangan, jaga kebersihan, jaga kesehatan diri, dan tetap di rumah, serta pakai masker saat harus keluar. Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 15 Mei 2020.

Pemerintah berencana longgarkan PSBB di beberapa wilayah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa pemerintah berencana melonggarkan PSBB di sejumlah wilayah. Termasuk Bali, Manado, Yogyakarta, Batam dan Bintan. Sejumlah wilayah yang rencananya akan dilonggarkan adalah wilayah yang memiliki jumlah kasus COVID-19 terkecil. Belum ada penjelasan lebih detail tentang rencana pelonggaran ini. Sementara itu, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah Bogor Depok Bekasi (Bodebek) diperpanjang sampai 26 Mei 2020. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

McDonald’s Sarinah didenda Rp 10 juta.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta mendenda manajemen McDonald’s Sarinah karena melanggar aturan PSBB. Aturan yang dilanggarnya adalah pengadaan keramaian yang dihadiri oleh ratusan orang di hari terakhir operasinya. Manajemen makanan fast food tersebut mengakui kesalahannya dan setuju untuk membayar sanksi administrasi sebesar Rp 10.000.000. Sebagai informasi, McDonald’s Sarinah merupakan cabang pertama di Indonesia. Dan setelah beroperasi hampir tiga dekade, restoran ini ditutup secara permanen pada hari Minggu lalu. Pihak McDonald’s mengaku sama sekali tidak menyangka bahwa ratusan orang akan datang ke restoran tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal di malam terakhir itu. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Globe.

Update COVID-19 global: Angka kematian di AS lebih dari 78.000 dan Singapura mengalami kesulitan.

Singapura mengalami kesulitan meredam jumlah kasus baru yang berasal dari pekerja migran. Dilaporkan ada 752 kasus baru, dua di antaranya merupakan warga negara Singapura atau permanen residen, dan sisanya adalah pekerja migran. Sementara itu, angka kematian akibat virus ini di Amerika Serikat mencapai lebih dari 78.000 orang. Dalam waktu 24 jam kemarin, ada 1.726 orang meninggal di negara tersebut. Dan hampir 3 juta orang mengklaim tunjangan pengangguran di sana. Dan di India, pemerintahnya akan menyediakan $466 juta sebagai bantuan pangan untuk 80 juta migran. Sementara Jepang mencabut status gawat darurat di 39 prefektur, tapi restriksi masih berlaku di Tokyo dan kota-kota besar lain. Dan di Prancis, angka pengangguran menurun karena banyak orang menyerah mencari pekerjaan baru. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, total jumlah COVID-19 global adalah 4.399.550, dengan 299.333 meninggal dan 1.565.606 sembuh. Baca berita lengkapnya Financial Times.

Ikea Prancis dituduh mematai-matai stafnya.

Ikea dan sejumlah mantan eksekutifnya di Prancis dituduh bersekongkol dengan petugas polisi dalam memata-matai stafnya. Dalam dakwaan per 30 April, Ikea Prancis dituduh mengumpulkan informasi staf dan orang-orang yang melamar ke perusahan tersebut. Setelah mendapatkan bayaran, petugas polisi menyediakan informasi rahasia kepada mantan eksekutif Ikea tentang catatan kejahatan orang-orang tersebut. Informasi ini kemudian akan dipakai untuk memberhentikan karyawan atau menolak aplikasi pelamar. Pihak Ikea sendiri mengaku tidak pernah memberlakukan praktik tersebut. Belum ada tanggal jelas kapan pengadilan akan digelar. Baca berita lengkapnya di Bloomberg.

Dua panda akan dikembalikan ke China karena kelangkaan bambu.

Eer Shun dan Dao Mao yang tiba di kebun binatang Calgary (Kanada) pada 2018 akan dikembalikan ke China karena pandemik COVID-19 menyebabkan persediaan bambu menipis. Kesulitan makanan panda ini terjadi karena tidak adanya penerbangan dari China. Oleh karena itu diputuskan bahwa jalan terbaik adalah mengirimkan dua panda tersebut ke negara asalnya, di mana persediaan bambu melimpah ruah. Sebelum memutuskan hal ini, Calgary sudah berusaha menyediakan bambu, tapi para hewan tersebut tidak menyukai beberapa jenis bambu dan sejumlah bambu sudah kedaluwarsa. Sebagai informasi, panda raksasa membutuhkan 40kg bambu setiap hari. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 15 Mei 2020, baca panduan ekstrover menghadapi social distancing.